Penyedia Laptop untuk Laboratorium Komputer Sekolah

laboratorium komputer sekolah

Penyedia Laptop untuk Laboratorium Komputer Sekolah

Kebutuhan akan laboratorium komputer sekolah di Indonesia semakin meningkat, terutama untuk sekolah-sekolah yang masih belum memilikinya. Bukan hanya sekolah kejuruan saja, tapi sekolah menengah pertama dan atas juga membutuhkan adanya lab tersebut.

Karena di era digital saat ini, skill menggunakan komputer sangat dibutuhkan, terutama di dunia kerja. Demi mempersiapkan generasi muda berpengetahuan dan memiliki keahlian, maka sekolah-sekolah harus mulai membekali siswa semenjak dini.

Salah satunya dengan menyediakan fasilitas belajar berupa ruang komputer untuk meningkatkan hard skill siswa. Lalu bagaimanakah sebuah laboratorium komputer atau lab komputer sekolah yang baik? Mari simak penjelasannya berikut ini.

 

Kebutuhan Laboratorium Komputer Sekolah di Indonesia

ruangan lab komputer

Manfaat keberadaan laboratorium komputer bagi siswa? Jika membicarakan mengenai manfaat dari keberadaan lab komputer di sekolah, tentu saja sangat banyak. Terutama untuk membantu siswa belajar keahlian menggunakan komputer.

Oleh sebab itu, kebutuhan akan lab komputer yang baik untuk sekolah di Indonesia saat ini cukup tinggi. Apalagi dengan banyaknya sekolah belum memiliki fasilitas ini di gedung sekolah, terutama sekolah-sekolah yang berada di wilayah pelosok.

Kebutuhan akan lab komputer tidak selalu bisa dipenuhi oleh pemerintah, kebanyakan malah pihak sekolah sendiri yang harus aktif untuk membuat sendiri. Mulai dari perencanaan, desain, hingga pengadaan dana untuk pembuatan dilakukan sendiri.

Sebab keberadaan laboratorium komputer sekolah sangat bermanfaat bagi siswa juga guru, karena memberikan:

  • Kemudahan pencarian informasi.
  • Kesempatan memanfaatkan aplikasi pembelajaran.
  • Kesempatan berinovasi kelas daring.

Karena besarnya manfaat inilah, maka keberadaan lab komputer menjadi salah satu fasilitas wajib di sekolah. Bahkan Pemerintah lewat Dinas Pendidikan sudah mengatur bagaimana pengaturan yang baik untuk membangun sebuah lab komp.

 

Sekolah Menengah Diprioritaskan Punya Lab Komputer

Kebanyakan lembaga pendidikan yang membutuhkan lab komputer adalah perguruan tinggi dan sekolah menengah atas. Kemudian muncul pertanyaan, apakah SMP juga membutuhkan lab komputer?

Sebenarnya, kebutuhan akan lab komputer terdapat pada semua tingkatan pendidikan, tapi yang diutamakan memang lembaga pendidikan tinggi dan menengah atas. Sebab setelah menyelesaikan kedua lembaga pendidikan tinggi biasanya siswa akan bekerja.

Dalam dunia kerja keahlian menggunakan komputer sangat diperlukan sehingga para mahasiswa dan siswa menengah atas diprioritaskan memiliki kemampuan menggunakan komputer, paling tidak bisa memakai aplikasi pengolah kata dan angka.

Bahkan di beberapa SMA maupun SMK juga diberikan pelajaran desain sehingga keahlian yang dimiliki siswa tidak terbatas pada pengolah kata dan angka saja. Pelajaran menggunakan aplikasi editing, desain, dan jaringan diberikan sebagai keahlian tambahan.

Meskipun laboratorium komputer sekolah kebanyakan dimiliki SMA atau SMK, bukan berarti SMP dan SD tidak bisa memilikinya. Bahkan sangat disarankan untuk memberikan pendidikan dini terhadap siswa.

Pembuatan lab komputer untuk SMP atau SD sifatnya opsional. Pihak sekolah bisa membuat lab komputer standar dengan jumlah unit tidak terlalu banyak. Misalnya satu ruang dengan 10-20 unit sudah cukup.

Meskipun standar, tapi tetap harus memilih perangkat berkualitas baik sehingga siswa dapat belajar dengan baik. Sebaiknya untuk pengadaan unit lab komputer diserahkan pada penyedia atau supplier berpengalaman.

Jika Anda berencana membangun lab komputer untuk sekolah atau kursus, bisa kunjungi jktgadget.com. Tersedia banyak produk PC/laptop dari berbagai merek dan spesifikasi yang bisa disesuaikan kebutuhan Anda, baik untuk kebutuhan pribadi maupun lembaga.

 

Luas Ruangan untuk Laboratorium Komputer Sekolah

pc desktop terbaik yang cocok untuk lab bahasa universitas

Melihat pentingnya keberadaan lab komp, maka setiap sekolah disarankan untuk memilikinya. Namun, tidak boleh sembarang bangun, tapi harus dibangun sesuai dengan persyaratan atau standar dari Pemerintah. Adapun standarnya adalah:

1. Luas Ruangan Disesuaikan dengan Banyaknya Siswa

Jumlah ruang lab sekolah tentu tidak sebanyak ruang kelas, karena dapat digunakan bergantian. Oleh sebab itu, biasanya hanya terdapat beberapa ruang untuk lab di sebuah gedung lembaga pendidikan baik SMA maupun SMP.

Pemerintah sudah mengatur ukuran ruangan yang dipergunakan dalam Permendiknas No.24 Tahun 2017, yaitu sebesar 30 m2 untuk 15 unit komputer dan digunakan oleh maksimal 30 siswa. Jadi, satu unit hanya boleh digunakan maksimal oleh 2 siswa.

2. Desain dan Tata Letak Harus Sesuai Standar

Bukan hanya luas minimal laboratorium komputer sekolah yang diatur, tapi juga tata letak harus sesuai standar. Dalam hal ini lebar minimum ditentukan minimal 5 meter, ukuran panjangnya bisa menyesuaikan, tapi mengacu pada minimal luas 30 m2.

Selain itu, harus memastikan ada jarak per unit sehingga siswa maupun guru leluasa bergerak saat proses belajar mengajar. Jadi, penataan meja dan kursi minimal dua baris memanjang atau bisa dibuat berhadapan, tergantung desain masing-masing.

3. Jumlah Unit Menyesuaikan Luasnya Ruangan

Pengaturan jumlah unit di setiap ruangan juga penting, karena tidak boleh terlalu sempit sehingga siswa maupun guru sulit bergerak. Umumnya, satu unit diletakkan dalam luas petak 2 m2.

Namun, karena saat ini banyak laboratorium komputer sekolah menggunakan laptop yang tidak memerlukan ruang luas seperti personal computer (PC), maka jumlah unitnya bisa disesuaikan.

Namun, tetap memastikan bahwa ada jarak antara satu unit ke unit lainnya. Sesuai dengan standar yaitu berjarak 1-2 meter sehingga pergerakan lebih mudah dan fleksibel.

4. Spesifikasi Unit

Untuk spesifikasi unit PC/laptop yang dipergunakan saat ini tidak diatur secara mendetail. Sebab kebutuhan masing-masing lembaga pendidikan bisa berbeda. Sebagai contoh SMK membutuhkan jenis laptop berbeda untuk jurusannya.

Jurusan desain umumnya membutuhkan laptop dengan kecepatan CPU dan VGA real color. Sedangkan jurusan Akuntansi, lebih fokus pada laptop yang dapat digunakan untuk mengerjakan laporan keuangan atau aplikasi accounting.

Jadi, spesifikasi unit dapat menyesuaikan masing-masing lembaga dan kebutuhannya.

 

Spesifikasi PC/Laptop untuk Laboratorium Komputer Sekolah

Pada dasarnya, memang tidak ditentukan spesifikasi unit untuk membangun lab komputer. Namun, mengingat saat ini Ujian Nasional telah ditiadakan dan diganti dengan AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), maka sekolah wajib memiliki lab komputer untuk menunjang AKM.

Ada spesifikasi khusus bagi lab komputer yang bisa digunakan untuk AKM, yaitu:

1. Komputer Utama/Proktor

Berapa unit komputer dalam lab komputer sekolah? Jumlah unitnya disesuaikan kemampuan lembaga, minimal ada 15 unit dalam satu ruangan sehingga bisa digunakan bergiliran oleh siswa.

Selain itu, ada satu unit merupakan Proktor yang menjadi pusat server. Satu proktor maksimal diakses oleh 15 komputer klien. Spesifikasi untuk proktor adalah:

  • PC/All in one jika semi-online, apabila online dapat menggunakan laptop.
  • CPU 4 Core.
  • RAM 8 GB.
  • Penyimpanan kosong tersedia 250 GB.
  • Sistem Operasi Windows 10.
  • 1 server untuk 15 komputer.

 

2. Komputer Klien

Selain memerlukan proktor, laboratorium komputer sekolah yang diperlukan untuk AKM adalah komputer klien. Jumlahnya minimal 15 unit per satu proktor, apabila ada lebih dari 1 proktor bisa ditambah jumlah unitnya. Spesifikasi yang dibutuhkan:

  • Berbentuk PC/All in on PC/laptop/thin client.
  • CPU dual core.
  • RAM 2 GB.
  • Monitor minimal 11,6 inci.
  • Resolusi minimal 1024 x 720.
  • Ruang penyimpanan free minimal 10 GB.
  • Sistem operasi Windows, Linux, Mac OS, Chrome OS, atau Rasberry.

Spesifikasi tersebut berlaku untuk semi-online maupun online.

Meskipun spesifikasi ini diperuntukkan bagi sekolah yang menyelenggarakan AKM, tapi juga direkomendasikan untuk sekolah-sekolah lain apabila hendak membangun lab komp. Sehingga bisa menyelenggarakan AKM ataupun program CBT (computer based test).

Katalog Produk JKT Gadget

Tips Membangun Laboratorium Komputer Sekolah

Pendidikan komputer bagi siswa sangat penting apalagi sekarang semua serba menggunakan sistem komputerisasi. Oleh sebab itu, setiap lembaga pendidikan mulai dari SMP hingga SMA/SMK perlu membangun lab komputer sendiri.

Untuk membangun lab komputer memang ada kesulitannya, tapi dengan menggunakan 3 tips berikut maka prosesnya akan menjadi lebih mudah:

1. Ikuti Standar dari Dinas Pendidikan

Membangun laboratorium komputer sekolah harus mengikuti standar ruang dari Dinas Pendidikan. Hal ini harus dipatuhi, mulai dari minimal luas ruangan yaitu 30 m2, jumlah unit, serta banyaknya siswa dalam sekali penggunaan.

 

2. Buat Desain yang Memberi Kenyamanan

Kemudian buat desain tata letak terlebih dahulu sehingga bisa mempersiapkan daftar kebutuhannya. Sebagai contoh ruang yang digunakan adalah 6×10 meter sehingga luasnya adalah 50 meter.

Dibuat desain 3 kolom dengan 10 unit per kolom, kemudian di bagian depan disediakan meja dan kursi guru. Ditambahkan papan tulis serta proyektor dan pada masing-masing unit diberi stop kontak untuk kemudahan suplai listrik.

 

3. Siapkan Daftar Kebutuhan

Jika sudah mempersiapkan desain, maka tinggal membuat daftar kebutuhan untuk perlengkapan laboratorium komputer sekolah. Beberapa perlengkapan yang wajib ada adalah:

 

  • Meja dan kursi.
  • Unit PC/laptop.
  • Printer dan scanner.
  • Komputer server dan titik akses internet.
  • Stabilizer apabila menggunakan PC/all in one PC.
  • Stop kontak untuk mempermudah menyambungkan PC/Laptop ke aliran listrik.

 

Di Mana Beli PC/Laptop Berkualitas untuk Laboratorium Komputer Sekolah?

jktgadget

Dari poin sebelumnya, terlihat bahwa ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk membangun lab komputer sesuai standar Dinas Pendidikan. Anda bisa menggunakannya untuk lab sekolah maupun tempat kursus.

Persiapan paling krusial dan memakan banyak dana adalah membeli perangkat komputernya. Anda harus pilih dulu mau beli jenis PC/All ini one PC/laptop. Semua punya keunggulan dan kekurangannya sendiri.

Jika menggunakan PC harus menyediakan minimal 4 perangkat, yaitu monitor, CPU unit, keyboard, dan mouse. Pengaturan pengkabelan juga harus diperhatikan serta membutuhkan instalasi kelistrikan yang sesuai.

Apabila memilih All in one PC untuk laboratorium komputer sekolah, maka hanya perlu monitor sekaligus CPU unit, keyboard, dan mouse. Lebih simpel, tapi biaya yang dikeluarkan juga lebih mahal. Sebab harga CPU unit sekaligus monitor cukup tinggi.

Kami lebih menyarankan Anda menggunakan laptop, karena harga beli laptop sekarang justru lebih murah dibandingkan PC/All in one PC dan spesifikasinya juga bagus. Selain itu, juga bisa berhemat dalam pembelian meja dan kursi karena hanya membutuhkan meja ukuran kecil.

Instalasi kelistrikannya juga lebih mudah, sebab hanya perlu menyediakan stop kontak untuk mencharge laptop di setiap tempat duduk. Selain itu laptop membuat laboratorium komputer sekolah terlihat lebih elegan.

Mau dapat spesifikasi bagus dengan harga bersahabat untuk kebutuhan lab? Bisa cek katalog produk jktgadget.com, tersedia banyak pilihan laptop untuk mengisi kebutuhan ruang praktik atau belajar komputer.

Hal ini membuat kebutuhan akan lab komputer sekolah juga semakin tinggi. Untuk membangun lab komputer sesuai standar Dinas Pendidikan, diperlukan perangkat memadai terutama unit PC/laptop berkualitas dan spesifikasi mumpuni.

Jika Anda sedang membangun tempat kursus atau laboratorium komputer sekolah dan ingin unit PC/laptop berkualitas bisa cek produknya di ptbsb.id atau hubungi no WA dibawah ini.

 

 

Baca juga : Perusahaan Supplier Laptop Untuk Ruangan Lab Komputer

 

No Comments

Post A Comment

Contact Us