Supplier Laptop HP untuk Laboratorium Komputer SMA

laboratorium komputer

Supplier Laptop HP untuk Laboratorium Komputer SMA

Apa Anda tahu apa yang dimaksud laboratorium komputer? Sebagian besar orang hanya menyebutkannya saja tanpa benar-benar tahu apa sebenarnya lab komputer ini.

Umumnya, orang hanya tahu bahwa lab komputer tempat belajar menggunakan komputer saja. Padahal jika secara bahasa, bisa diartikan sebagai tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran, maupun pelatihan ilmiah.

Namun, di Indonesia lebih dikenal sebagai tempat pelatihan penggunaan berbagai software di dalam komputer, umumnya Office, software desain, internet, dan lain sebagainya.

Keberadaan lab seperti ini di Indonesia saat ini sudah banyak, terutama di sekolah-sekolah, karena sudah adanya pelajaran komputer yang menjadi salah satu mata pelajaran dalam kurikulum sekolah.

Kali ini, kami akan membahas mengenai lab komputer atau lab komputer sekolah, tentang fungsi dan spesifikasi kebutuhan perangkatnya. Silakan simak paparan berikut ini.

 

Mengenal Lab Komputer Sekolah dan Fungsinya

lab multimedia

Apa itu lab komputer sekolah? Yaitu sebuah ruangan khusus yang diisi dengan perangkat komputer dan digunakan untuk proses belajar mengajar tentang ilmu komputerisasi. Fasilitas ini disediakan oleh sekolah untuk kebutuhan para siswa belajar.

Umumnya, satu sekolah memiliki satu ruangan yang dikhususkan sebagai lap komp, terutama jika ada jurusan terkait dengan penggunaan komputer. Seperti jurusan TKJ, Multimedia, dan lain sebagainya.

Lab komputer merupakan fasilitas penunjang yang harus ada di sekolah, sebab memiliki banyak fungsi bagi siswa. Fungsinya ada banyak sekali, di antaranya adalah:

  1. Sebagai sarana kegiatan praktik, baik berupa pengenalan terhadap Software maupun Hardware.
  2. Dapat digunakan sebagai pendukung mata pelajaran lainnya, seperti mata pelajaran yang membutuhkan pembelajaran audio visual.
  3. Dapat digunakan untuk kegiatan UKM para siswa.
  4. Tempat sarana bimbingan belajar yang digunakan di luar waktu pelajaran.
  5. Laboratorium komputer dapat digunakan sebagai metode pembelajaran e-learning untuk mata pelajaran bahasa sehingga siswa dan guru dapat berinteraksi setiap saat.
  6. Sebagai tempat mengelola website sekolah sehingga dapat memberikan informasi ke masyarakat umum, khususnya bagi siswa dan alumni.

 

Persyaratan Pembuatan Laboratorium Komputer di Sekolah

pc desktop terbaik yang cocok untuk lab bahasa universitas

Apa ada standar pembuatan lab komputer di sekolah? Ya, ada. Bahkan sudah diatur dalam Permendiknas No. 24 Tahun 2007. Apa saja persyaratan tersebut? Anda bisa simak beberapa di antaranya:

1. Luas Ruangan yang Cukup

Aturan pertama adalah luas ruangan yang digunakan minimum 30 m2 untuk satu rombongan belajar. Ruang ukuran tersebut digunakan maksimal untuk 15 siswa sekali pembelajaran.

Apabila ditentukan jumlah rombongan belajar lebih besar, maka harus menyediakan ruang lebih luas. Sebagai contoh satu rombongan belajar 30 siswa, maka luas ruangnya adalah 60 m2.

2. Jumlah Siswa dan Perangkat dalam Satu Ruang

Laboratorium komputer diperuntukkan agar siswa dapat belajar optimal. Oleh sebab itu, satu perangkat hanya boleh digunakan maksimal 2 orang agar penyerapan ilmu oleh siswa lebih optimal.

3. Desain Tata Letak

Terdapat aturan penataan ruang yang harus dipahami sebelum membuat sebuah lab komp, yaitu lebar ruangan minimal 5 meter. Desainnya tidak boleh memanjang dengan satu baris berjajar, tapi harus proporsional panjar dan lebarnya.

Lebar 5 meter bisa diisi dua baris perangkat berjajar hingga 10 perangkat dengan jarak antar perangkat 1-2 meter.

4. Pengaturan Waktu Penggunaan

Laboratorium komputer juga harus diatur waktu penggunaannya serta jumlah pengguna. Waktu penggunaan diatur sesuai jam pelajaran masing-masing sekolah dan jumlah pengguna disesuaikan jumlah unit serta luas ruangan.

5. Pengaturan Peletakan Perangkat Jika Ruang Multifungsi

Jika ruang juga digunakan sebagai tempat praktik hardware, seperti bongkar pasang perangkat guna mempelajari teknik pemasangan, jaringan, atau pembuatan robotik, maka peletakan perlu diatur sedemikian rupa.

Ruang untuk pembelajaran software dan hardware sebaiknya dibedakan sehingga membuat siswa bisa lebih fokus. Terutama dalam pembelajaran hardware biasanya diperlukan peralatan tambahan seperti obeng, tang, dan lain sebagainya.

 

Laboratorium Komputer Sekolah Harus Ada di Semua Sekolah

Di era digital saat ini, setiap lini kehidupan manusia membutuhkan komputer. Oleh sebab itu, pendidikan formal di sekolah mewajibkan siswa bisa mempelajari ilmu komputerisasi, minimal bisa menggunakan software.

Sekolah harus menyediakan fasilitas pendukung sehingga siswa dapat belajar mengenai ilmu penting ini sehingga dapat digunakan setelah terjun ke masyarakat, maupun untuk kebutuhan pekerjaan.

Jadi, apakah laboratorium komputer harus dimiliki semua sekolah? Tentu saja, harus. Bahkan tidak terbatas di wilayah perkotaan saja. Sebab seluruh generasi muda membutuhkan pendidikan yang layak sehingga memiliki masa depan lebih baik.

Oleh sebab itu, sekolah harus bisa memfasilitasi siswa untuk mendapatkan pendidikan layak. Salah satunya dengan mendirikan lab komp, tidak perlu super canggih dengan spesifikasi standar saja sudah cukup.

Untuk membuat lab komputer memang membutuhkan dana, tapi bisa diminimalkan apabila pengadaan dilakukan dengan membeli perangkat langsung dari supplier. Sebab harga ditangan supplier, misalnya supplier laptop HP akan lebih bersahabat.

 

Kelengkapan yang Harus Ada di Laboratorium Komputer Sekolah

pc desktop yang cocok untuk lab komputer sekolah

Apa saja yang ada di lab komputer? Sebenarnya, mendirikan sebuah ruangan yang digunakan sebagai lab komputer tidak sesulit yang dibayangkan. Masalah pendanaan juga bisa dihemat apabila tahu apa yang benar-benar dibutuhkan dan dipergunakan.

Apa saja kelengkapan yang dibutuhkan sebuah lab komp? Coba cek beberapa kelengkapan utama berikut ini:

1. Ruangan Memadai

Di atas sudah dijelaskan mengenai ukuran standar yang dibutuhkan untuk satu ruangan. Jadi, minimal harus seluas 30 m2 dengan jumlah rombongan belajar paling banyak 15 orang.

 

2. Desain Sesuai Kebutuhan dan Persyaratan Dinas Pendidikan

Laboratorium komputer memerlukan desain khusus, baik dari segi ruangan maupun penempatan meja dan kursi. Karena saat ini sudah ada perangkat minimalis seperti laptop, maka pembuatan desainnya bisa lebih ringkas.

Penggunaan laptop tidak memerlukan banyak kabel, hanya diperlukan stop kontak yang dipergunakan untuk mencharge baterai. Jadi, desain yang dibutuhkan tidak terlalu rumit.

Pastikan membuat desain area meja guru dan siswa terpisah serta memungkinkan pergerakan luwes. Selain itu, sediakan juga papan tulis atau layar proyeksi agar memudahkan kegiatan pembelajaran.

 

3. Kebutuhan Meja Lab dan Kursi

Meskipun penggunaan laptop bisa dalam berbagai posisi, tapi khusus digunakan pada laboratorium komputer harus disediakan meja dan kursinya. Jadi, kelengkapan meja dan kursi perlu diperhatikan.

Pastikan dahulu pengguna perangkat berapa orang, apabila dua siapkan dua kursi pada satu meja. Gunakan standar meja kursi yang nyaman digunakan serta membuat pergerakan siswa maupun guru tidak terbatas.

 

4. Set PC/Laptop

Laboratorium komputer harus punya set personal computer atau laptop. Untuk saat ini, lebih baik menggunakan laptop karena lebih simpel juga mudah dalam penataannya.

Selain itu, laptop dengan spesifikasi standar juga memiliki harga tidak terlalu murah. Salah satunya dari brand HP yang punya kualitas bagus, tapi harganya bisa dikatakan tidak terlalu mahal.

 

5. Perlengkapan Tambahan Lainnya

Perlengkapan tambahan lainnya tergantung dari kebutuhan masing-masing ruang. Beberapa perlengkapan tambahan yang umumnya dibutuhkan adalah:

  • Printer dan scanner.
  • Akses internet.
  • Modul praktik.
  • Papan tulis dan proyektor.
  • Stop kontak.

Pemenuhan kebutuhan laboratorium komputer sekolah harus diperhatikan dengan baik kualitas produknya. Agar nyaman digunakan sekaligus memiliki daya tahan dalam waktu panjang serta tidak mudah rusak.

Jika Anda tengah mencari produk terbaik dari HP untuk kebutuhan lab komputer bisa cek di jktgadget.com. Tersedia banyak produk PC/laptop dari merek HP dan spesifikasi yang bisa disesuaikan kebutuhan Anda. Atau bisa mengecek dari merek lainnya juga.

 

Komputer yang Bagus untuk Laboratorium Komputer Sekolah

Kalau membicarakan jenis perangkat dan spesifikasi yang bagus digunakan pada lab komp, maka harus melihat dari kebutuhan masing-masing terlebih dahulu. Beda kebutuhan, maka akan beda perangkatnya.

Sebagai contoh sebuah sekolah hanya membutuhkan untuk pelajaran Microsoft Office, maka spesifikasi standar sudah cukup. Tidak membutuhkan CPU super cepat maupun RAM dan penyimpanan internal besar.

Namun, akan beda cerita apabila laboratorium komputer akan digunakan untuk pembelajaran lainnya, misalnya untuk desain grafis. Maka dibutuhkan spesifikasi PC/laptop yang dapat menginstal program desain dan mampu menjalankannya.

Jadi, pertama-tama lihat dulu bagaimana kebutuhan Anda baru menentukan set PC/laptop yang dibutuhkan. Untuk mudahnya bisa berkonsultasi dengan pihak penjual berbagai produk PC/laptop.

Untuk minimum standar komponen yang dibutuhkan adalah:

  1. CPU minimal processor Intel Pentium atau Core. Dapat juga menggunakan merek AMD (harga lebih bersahabat).
  2. Motherboard minimal Digital Alliance H61 LGA 1155.
  3. Hardisk minimal 250 GB.
  4. RAM minimal 4 GB
  5. VGA atau card digital alliance minimal 128 bit.
  6. Monitor minimal 14 inci.

Biasanya, kebutuhan pengadaan di lab komputer menggunakan laptop yang dirakit khusus sehingga bisa benar-benar sesuai kebutuhan dari setiap sekolah. Jadi, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan supplier laptop untuk pengadaan perangkat tersebut.

Katalog Produk JKT Gadget

Di Mana Tempat Membeli Komputer Berkualitas untuk Lab Sekolah?

Kebanyakan sekolah saat hendak membangun laboratorium komputer membuka tender pengadaan, terutama jika unik dibutuhkan banyak atau mencapai ratusan unit. Namun, jika kebutuhan unitnya tidak banyak tidak perlu membuka tender pengadaan.

Biasanya, pihak sekolah akan mencari dan menghubungi penjual untuk pemenuhan pengadaan unit. Masalahnya, tidak semua penjual jujur memberikan produk terbaik, malah justru memanfaatkan situasi sehingga mendapatkan keuntungan lebih besar.

Daripada membayar mahal, tapi tidak mendapatkan produk berkualitas, sebaiknya Anda memilih supplier terpercaya agar mendapatkan produk terbaik dengan harga sesuai.

Intinya, jangan membeli di sembarang tempat, tapi pastikan supplier sudah terpercaya dan memang mampu menyediakan kebutuhan Anda. Anda dapat menghubungi no WA atau  website ptbsb.id untuk berkonsultasi kebutuhan pembangunan lab komputer.

Selain itu, bisa juga cek jktgadget.com jika ingin melihat berbagai produk laptop HP yang cocok digunakan dalam proses belajar mengajar. Ada banyak produk ditawarkan dengan beragam spesifikasi sehingga dapat memenuhi kebutuhan pembeli.

Catatan penting bagi Anda apabila ingin memesan unit untuk lab komputer adalah memastikan unitnya sesuai kebutuhan dan harganya sesuai. Pembelian langsung di supplier pertama akan memberikan harga lebih bersahabat dibandingkan membeli di luaran.

Kemampuan menggunakan komputer, baik Microsoft Office, jaringan, multimedia, maupun kemampuan lainnya sangat penting di era digital saat ini. Oleh sebab itu, siswa harus dibekali sejak di bangku sekolah.

Dengan demikian, akan memiliki modal saat terjun ke masyarakat maupun dunia kerja. Fasilitas lab komputer sekolah saat ini sangat dibutuhkan dan harus ada di setiap lembaga pendidikan.

Pengadaan ruang dan unit untuk pembelajaran tidak boleh asal-asalan dan harus sesuai kebutuhan siswa. Oleh sebab itu, saat memilih perangkat harus benar-benar sesuai standar.

Ingin mendapatkan perangkat PC/laptop laboratorium komputer berkualitas? Bisa cek produknya di ptbsb.id atau hubungi no WA dibawah ini, pastinya Anda akan mendapatkan produk terbaik.

Baca juga : Perusahaan Supplier Laptop Untuk Ruangan Lab Komputer

 

No Comments

Post A Comment

Contact Us