Apa Perbedaan Laptop Desainer dengan Laptop Gaming?

Macam Macam Web Server

Apa Perbedaan Laptop Desainer dengan Laptop Gaming?

Spesifikasi laptop desainer berbeda dengan laptop pada umumnya, karena dibutuhkan untuk pekerjaan khusus yaitu membuat desain. Bagi seorang desainer grafis bekerja dengan komputer merupakan sebuah keharusan, jadi harus memiliki perangkat pendukung terbaik.

Memang, membeli komputer khusus desain bukan merupakan hal wajib, bahkan opsional saja. Sebab menggunakan komputer biasa masih bisa menunjang pekerjaan ini. Akan tetapi, jika menggunakan perangkat yang tepat, maka akan memperlancar pekerjaan.

Nah, bagi Anda yang saat ini bekerja sebagai desainer grafis, content creator, dan pekerjaan berkaitan lain berkaitan desain atau berminat pada pekerjaan tersebut, maka perlu tahu tentang serba-serbi komputer untuk desainer ini.

Kami punya beberapa informasi penting yang mungkin akan bermanfaat bagi Anda berkaitan komputer desainer. Silakan simak paparan berikut ini.

 

Mengenal Laptop Desainer Grafis dan Content Creator

Distributor Laptop Asus

Apa desainer grafis butuh laptop? Jawabannya iya. Seorang desainer grafis membutuhkan laptop maupun personal computer yang bisa menunjang pekerjaan mereka. Dilengkapi dengan program-program pendukung dan spesifikasi hardware sesuai kebutuhan.

Lalu apakah tidak bisa bekerja dengan komputer biasa? Sebenarnya, bisa saja karena dalam komputer biasa yang digunakan untuk kebutuhan browsing, office, dan berbagai pekerjaan ringan lainnya, juga memiliki kemampuan digunakan mendesain.

Hanya saja, akan berbeda kecepatan menyelesaikan pekerjaan, terutama untuk pekerjaan desainer interior, arsitektur, pola 3D, membutuhkan jenis komputer yang punya spesifikasi khusus.

Oleh sebab itu, dibuatlah laptop desainer yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Apa kelebihannya? Tentu saja, dari segi spesifikasi lebih mendukung, terutama dari segi VGA karena desain sangat berhubungan dengan tampilan.

VGA yang digunakan di komputer untuk desainer ini seperti pada komputer gaming. Karena itu, banyak orang menyangka bahwa komputer gaming juga bisa dipakai untuk desain.

Sebenarnya, sama seperti tipe laptop biasa, versi gaming juga dapat digunakan tapi akan ada perbedaan hasilnya. Nanti akan kami bahas perbedaan versi desainer dan gaming.

Intinya, komputer/laptop khusus desain merupakan sebuah komputer yang dilengkapi spesifikasi khusus untuk pekerjaan berkaitan dengan desain. Baik dari segi hardware maupun software dapat mendukung pekerjaan para desainer.

 

Harga dan Spesifikasi Standar Laptop Desainer

supplier laptop Lenovo terbaik untuk yayasan

Membicarakan komputer/laptop dengan spesifikasi khusus tentu saja harganya akan berbeda dengan tipe biasanya. Karena di dalamnya terdapat teknologi khusus sehingga harganya juga akan lebih tinggi.

Ada beberapa standar untuk komputer desainer tergantung dari program desain grafis dan arsitektur yang digunakan. Berikut beberapa spesifikasi laptop desainer menurut program yang digunakan:

1. Spesifikasi untuk Pengguna Autocad

Ada 4 hal penting yang harus dipenuhi sebuah komputer apabila digunakan untuk menginstal dan pemakaian program Autocad, yaitu:

  • Sistem operasi minimal Windows 7 SP1.
  • Tipe CPU dengan kemampuan 1 GB atau lebih cepat.
  • Memori minimal memiliki RAM 2 GB, direkomendasikan memiliki RAM 3 GB untuk 32-bit dan 8 GB untuk 64-bit.
  • Resolusi display minimal 1360×768 with true color dengan 125% Desktop Scaling (120 DPI).

 

2. Spesifikasi untuk Desain 3Ds Max

Bagi pengguna aplikasi desain 3Ds Max, harus mencari komputer dengan minimal spesifikasi berikut:

  • Sistem Operasi minimal Windows 7.
  • Browser yang digunakan bisa Microsoft Edge, Google Chrome, Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox.
  • CPU intel 64-bit dan AMD multi-core processor.
  • Minimal RAM 4G (Rekomendasi 8 GB)
  • Disk space minimal 6 GB free disk.

Katalog Produk JKT Gadget

3. Spesifikasi untuk Pengguna 3D Sketchup

Bagi para pengguna 3D Sketchup, minimal harus menggunakan laptop/PC dengan spesifikasi:

  • Minimal CPU 1 GHz Processor, direkomendasikan 2+ GHz.
  • Minimal RAM 4G (Rekomendasi 8 GB).
  • 16 GB total hard-disk space.
  • Minimal 3d Class Video Card dengan 512 MB atau lebih tinggi.
  • 3 button, scrool-wheel mouse.

 

4. Spesifikasi bagi Pengguna Photoshop

Sebenarnya, bagi pengguna photoshop bisa menggunakan laptop standar, terutama jika hanya menggunakan Photoshop CS3. Namun, jika ingin menggunakan tipe lebih tinggi, maka minimal spesifikasi dibutuhkan adalah:

  • Minimal CPU Intel (Core 2) untuk kebutuhan standar, jika bisa lebih tinggi.
  • Sistem operasi minimal Windows 7.
  • RAM 2 GB atau 8 GB (direkomendasikan).
  • Layar 1024×768 display.

 

Bingung mau cari di mana yang sesuai kebutuhan Anda? Bisa cek di jktgadget.com. Tersedia banyak produk PC/laptop dari berbagai merek dan spesifikasi yang bisa disesuaikan kebutuhan Anda.

 

Perbedaan Laptop Desain dengan Gaming

Apa laptop gaming dapat dipakai untuk desain? Iya, bisa. Karena spesifikasi untuk laptop gaming sudah sangat bagus, bahkan ada yang punya spesifikasi “dewa” sehingga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan komputerisasi.

Jadi, kalau punya laptop gaming juga bisa dipakai untuk mendesain. Namun, tetap saja ada perbedaan di antara kedua jenis komputer ini. Apa saja perbedaannya? Cek informasi berikut:

1. Refresh Rate

Pada komputer gaming dibutuhkan refresh rate layar yang tinggi karena digunakan untuk menampilkan tampilan permainan high quality. Sedangkan pada komputer grafis tidak terlalu penting segi refresh rate layar, lebih penting akurasi warna.

 

2. Sistem Pendinginan

Pada laptop desainer tidak memerlukan sistem pendinginan  istimewa, karena kinerja tidak seperti komputer gaming yang membutuhkan kerja keras dari CPU dan RAM. Jadi, sistem pendinginan yang biasa sudah cukup.

 

3. Processor

Dari segi processor, untuk desain dibutuhkan processor yang dapat bekerja dengan cepat dan didukung VGA berkecepatan bagus. Karena semakin cepat processor dan VGA bekerja, maka akan semakin cepat juga pekerjaan mendesain dilakukan.

Untuk komputer gaming tidak terlalu membutuhkan kecepatan dari segi processor maupun VGA. Meskipun memiliki pengaruh tidak sebesar pada komputer untuk para desainer.

Intinya, jika Anda mempunyai komputer gaming sudah dapat dipergunakan sebagai laptop desainer juga. Karena pada dasarnya spesifikasinya sudah memenuhi. Hanya saja, tergantung desain yang dilakukan.

Namun, apabila Anda membutuhkan desain untuk 3D atau video editing, maka spesifikasi laptop gaming masih kurang karena butuh kinerja cepat terutama pada proses rendering.

 

Laptop Desainer Digunakan Oleh Berbagai Profesi

distributor Acer PC desktop harga bersaing Jakarta

Profesi apa yang membutuhkan laptop desainer? Saat ini ada banyak sekali jenis profesi desainer, mulai dari desainer interior hingga desainer digital. Pada dasarnya, semua profesi desainer pada era digital saat ini perlu bekerja menggunakan komputer.

Karena segala hal serba digital saat ini, apalagi urusan mendesain. Beberapa profesi di bawah ini merupakan profesi yang wajib punya komputer khusus desain:

1. Creative Director

Creative director merupakan salah satu pekerjaan yang penting dalam industri kreatif. Tugasnya adalah memimpin dan mengarahkan konsep pada proyek tertentu. Biasanya bekerja di dunia pertelevisian atau agency periklanan.

Profesi ini sangat membutuhkan perangkat pendukung yang sesuai, karena pekerjaannya sangat kompleks dan berkaitan dengan perencanaan serta perancangan konten visual.

2. Desain Grafis

Laptop desainer juga sangat dibutuhkan oleh orang-orang dengan profesi sebagai desainer grafis. Pekerjaan profesi ini adalah membuat aspek visual sesuai dengan kebutuhan klien.

Pekerjaannya adalah membuat logo, frayer, brosur, poster, spanduk, dan berbagai media publikasi lainnya. Semua pekerjaan itu dilakukan dengan menggunakan komputer dan harus didukung dengan perangkat berspesifikasi sesuai.

3. Freelance Desainer

Sekarang juga bermunculan para desainer yang bekerja secara freelance, artinya tidak terikat dengan perusahaan tertentu. Profesi ini paling membutuhkan peralatan pendukung pekerjaan seperti komputer berspesifikasi untuk desain.

4. Animator

Pekerjaan animator adalah membuat sketsa, animasi atau kartun, dan pastinya membutuhkan komputer khusus untuk melakukan pekerjaan tersebut. Jadi, sudah pasti membutuhkan komputer desain.

5. Web Desainer

Pekerjaan berikutnya yang membutuhkan komputer khusus desain adalah web desainer. Karena pekerjaannya sepenuhnya menggunakan komputer dan software pendukung.

 

Tips Membeli Laptop Desainer Berkualitas

Jika Anda memang membutuhkan komputer desain untuk pekerjaan, maka memang harus memilikinya. Namun, tidak boleh sembarangan membeli, ada beberapa pertimbangan perlu dilakukan, yaitu:

1. Sesuaikan dengan Tingkat Penggunaan

Semakin tinggi spesifikasi sebuah laptop maka harganya akan semakin tinggi. Oleh sebab itu, agar bisa memastikan pengeluaran Anda untuk membeli komputer tidak terlalu tinggi atau rendah, maka perlu menyesuaikan dengan tingkat penggunaan.

Kenali dahulu kebutuhan desain Anda seperti apa, apakah hanya pekerjaan ringan saja atau pekerjaan tingkat tinggi. Karena akan berpengaruh pada harga serta budget yang dikeluarkan.

 

2. Perhatikan GPU atau Graphic Card

Salah satu komponen laptop desainer yang perlu diperhatikan adalah GPU, karena makin bagus GPU (VGA) akan semakin halus dan tajam gambar pada layar. Efeknya akan sangat berpengaruh pada pekerjaan.

 

3. Periksa Ukuran dan Resolusi Layar

Seorang desainer digital membutuhkan layar besar, tapi bukan hanya soal ukuran. Lagipula layar berukuran besar akan merepotkan dibawa ke mana-mana. Oleh sebab itu, ukuran yang disarankan adalah sekitar 13-14 inci.

Nah, saat memilih laptop pastikan untuk memilih yang memiliki layar resolusi full HD (1920×1080). Karena paling bagus untuk pekerjaan mendesain.

 

4. RAM Minimal 8 GB

Meskipun Anda bisa menggunakan RAM 2 GB untuk mendesain, tapi hanya bisa mendesain dengan program standar saja. Kalau ingin mendesain dengan aplikasi berat, maka harus menggunakan laptop desainer dengan RAM 8 GB.

Sebaiknya, agar pekerjaan lancar dan cepat selesai, belilah produk komputer dengan RAM minimal 8 GB. Kinerja akan lebih cepat dan pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik.

 

5. Pertimbangkan Membeli Komputer dengan Penyimpanan SSD

Ukuran penyimpanan juga sangat berpengaruh, apalagi jika Anda menginstal lebih dari satu aplikasi desain. Maka dibutuhkan ruang penyimpanan besar dan free disk luas. Oleh sebab itu, pertimbangkan untuk membeli penyimpanan SSD.

 

Di Mana Beli Laptop Desainer Berkualitas?

jktgadget

Mau beli laptop sekarang bisa di mana saja, Anda tinggal datang ke toko komputer untuk mendapatkan berbagai merek. Namun, apakah bisa sesuai spesifikasi yang diinginkan? Kebanyakan toko komputer menjual tipe standar atau mainstream.

Untuk kebutuhan khusus seperti yang digunakan mendesain, seringkali hanya bisa didapatkan di toko besar atau dealer resmi. Daripada repot pergi mencari di beberapa toko sebaiknya membeli secara online.

Berbagai laptop desainer tersedia di ptbsb.id, Anda bisa cek spesifikasinya terlebih dahulu dan membandingkan beberapa produk yang ditawarkan. Tidak perlu capek dan menyediakan waktu khusus, karena bisa melakukannya di rumah saat bersantai.

Terdapat berbagai produk laptop maupun personal computer yang bisa Anda pilih. Tersedia juga spesifikasi khusus sesuai dengan jenis pekerjaan calon pembeli. Anda bisa cek katalog produknya di website jktgadget.com. Jadi, bisa mencari sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Saat ini, laptop merupakan kebutuhan penting bagi para pekerja kantoran, karena akan sangat membantu menunjang pekerjaan. Apalagi pekerjaan Anda berkaitan dengan desain, sangat penting menggunakan yang sesuai.

Meskipun jenis komputer biasa atau gaming bisa digunakan untuk mendesain, hasilnya tidak akan sebaik laptop dengan spesifikasi khusus. Jadi, paling baik membeli sesuai kebutuhan pekerjaan Anda. Jika tertarik memiliki laptop desainer berkualitas bisa membeli di ptbsb.id atau hubungi kami di nomor WA dibawah ini.

Baca juga : Distributor Laptop untuk Multimedia Pembelajaran Sekolah

No Comments

Post A Comment

Contact Us