Konsep Layanan Mail Server: Memahami Fungsi dan Cara Kerja

layanan mail server

Konsep Layanan Mail Server: Memahami Fungsi dan Cara Kerja

Layanan mail server sekarang sudah digunakan hampir dalam semua aspek kehidupan manusia. Mulai dari transaksi, searching, komunikasi, sampai pekerjaan jelas menggunakan layanan tersebut.

Banyak orang masih belum memahami bagaimana sistem kerja dari layanan tersebut padahal setiap hari menggunakannya. Jadi disini Kami akan menjelaskan fundamental penting tentang definisi sampai konsep kerjanya.

Apabila pengguna memahami bagaimana konsep kerjanya tentu nanti akan mampu mengoptimalkan penggunaan. Siapa tahu Anda masih belum memahami berbagai fungsi basic dari service seperti ini.

Dalam dunia teknologi tentu saja user harus mampu memanfaatkan secara maksimal berbagai fitur layanan. Jadi nantinya pengguna server bisa mengoptimalkan potensi dan memperoleh kemudahan saat menggunakannya nanti.

Apa Itu Mail Server?

Mail Server

Banyak orang penasaran bagaimana konsep layanan mail server? Di era teknologi seperti sekarang. Konsep layanannya tentu saja mencakup protokol, keamanan, arsitektur, sampai konfigurasi terkait peladen surel tersebut.

Secara umum definisi dari layanan ini adalah peladen surel yang mampu melakukan berbagai aktivitas. Sesuai dengan konsep pelayanan diberikan oleh provider dari surat elektronik tersebut.

Misalnya seperti konsep dasar tadi pihak peladen harus mampu menyediakan protokol, keamanan, arsitektur, sampai konfigurasi. Sehingga keandalan dari layanannya dapat memberikan kemudahan bagi penggunanya.

Itu tadi adalah definisi umum dari apa itu mail server yang sering dipertanyakan oleh para pengguna awam. Kita bisa menikmati layanannya karena memang peladen menyediakan berbagai opsi dalam arsitektur jaringannya.

Keberadaan peladen surel seperti ini tentu saja berperan penting bagi kehidupan modern seperti sekarang. Tanpa keberadaan basis data seperti itu jelas berbagai aktivitas daring akan sulit dilakukan.

Lalu kenapa server penting? Terutama dalam pembentukan infrastruktur dan arsitektur jaringan komunikasi. Alasannya sederhana sebuah layanan meskipun basisnya software tetap membutuhkan hardware untuk bekerja.

Sehingga device seperti misalnya Asus Tower TS300 tetap dibutuhkan terkait arsitektur jaringannya. Dengan melihat seperti apa hardware pendukung maka pengguna dapat mengerti bagaimana dasar konsepnya. Dimana service daring tetap membutuhkan instrumen keras agar dapat bekerja secara optimal.

Bagaimana Konsep Layanan Mail Server?

Mail Server

Pada segmen sebelumnya kami sudah menyinggung singkat terkait bagaimana konsep layanan server ini. Sekarang akan kami jelaskan secara detail apa saja konsep service yang perlu ada dalam sebuah arsitektur jaringan komunikasi berbasis daring.

1. Fungsi mail server

Fungsionalitas dari sebuah layanan server tentu harus diperhatikan agar pengguna dapat memakainya secara optimal. Berikut ini adalah beberapa poin fungsionalitas paling penting sehingga harus selalu ada dalam arsitekturnya.

  • Mengirim email

Jelas peladen surel harus mampu memberikan opsi pengiriman agar dapat dipakai oleh pengguna. Baik itu dalam bentuk tulisan maupun tautan berbasis file lainnya agar membuat penggunanya merasa nyaman.

  • Menerima surel

Dalam konsep fungsionalitas jelas harus mampu menjadi penerima agar komunikasi terjadi secara dua arah. Jika tidak bisa melakukan komunikasi dua arah jelas layanannya harus ditingkatkan lagi.

  • Audit trail

Setelah memahami apa itu mail server tentu Anda sadar peran mereka dalam manajemen komunikasi. Pencatatan atau log harus selalu ada sehingga user dapat menggunakan layanan secara bertanggung jawab.

  • Security

Tidak boleh ketinggalan salah satu fungsi penting yang wajib ada yaitu sistem keamanan. Karena dengan ini akan menjamin para pengguna layanan surel tidak terganggu aktivitasnya.

Itu adalah beberapa fungsi umum yang dapat kita temukan pada hampir semua penyedia service surat elektronik. Jadi dalam konsep layanannya jelas aspek fungsionalitas perlu diperhatikan oleh penyedia.

2. Protokol yang digunakan

Selain memahami apa itu mail server ternyata ada juga protokol digunakan dalam menyediakan layanannya. Berikut ini adalah beberapa protokol paling umum dipakai baik oleh penyedia service atau skala lingkup korporasi.

  • SMTP

Simple mail transfer protocol adalah protokol paling umum dipakai oleh penyedia lokal. Sebagai catatan dalam setiap arsitektur kita bisa menggunakan beberapa protokol sekaligus.

  • SMTPS

Ini adalah pengembangan dari SMTP yang memiliki sistem keamanan lebih mumpuni. Sehingga banyak provider menyediakan SMTPS namun masih memiliki kompatibilitas pada sistem SMTP.

  • POP3

Ini adalah salah satu sistem yang juga digunakan pada layanan surel besar seperti google. Penggunaan POP3 sampai sekarang masih populer karena tergolong cukup ringan dalam hal transfer data.

  • IMAP

Biasanya IMAP dipakai tidak hanya untuk surel namun juga fitur chat berbasis internet. Internet message acces protocol memungkinkan pengguna mengirim pesan secara langsung pada pihak kedua menggunakan perantara internet.

  • IMAPS

Ini juga pengembangan dari sistem IMAP dimana faktor keamanan semakin ditingkatkan. Berbagai enkripsi seperti end to end dikembangkan untuk menjamin kerahasiaan pesan.

Masih banyak lagi sebenarnya protokol digunakan dalam kebutuhan mengirim pesan menggunakan media internet. Namun itu tadi merupakan sistem paling umum dipakai oleh penyedia layanan server besar.

3. Arsitektur mail server

Sekarang kita akan membahas konsep yang lebih teknikal yaitu bagaimana arsitektur jaringannya. Ada beberapa komponen penting untuk menyusun sebuah layanan pengiriman pesan sehingga nyaman digunakan.

  • MTA

Mail transfer agent merupakan komponen utama yang memiliki tugas untuk mengirim maupun menerima surel. Tanpa adanya MTA maka fungsionalitas krusial dari layanan tidak akan dapat dijalankan secara optimal.

  • MDA

Mail delivery agent merupakan titik berikutnya setelah MTA menerima sebuah pesan. Jadi tugas dari MDA disini adalah menyimpan baik secara permanen atau temporal pesan data tadi.

MDA akan menggunakan protokol seperti IMAP atau POP3 sehingga user dapat mengakses pesan mereka. Kerahasiaan pesan atau log percakapan tergantung pada kebijakan perusahaan penyedianya.

  • MUA

Mail user agent sederhananya adalah user interface agar pengguna lebih mudah mengoperasikan. Misalnya perangkat lunak android atau PC yang Anda gunakan sekarang untuk membuka surel.

  • Webmail interface

Ini adalah tampilan antarmuka yang akan kita lihat pada saat mengakses surel menggunakan web browser. Jadi antara MUA dan webmail interface hanya ada sedikit perbedaan dari segi arsitekturnya.

Itu adalah arsitektur standar dari peladen surel yang dapat kita temui dan gunakan sekarang. Setiap provider tentu akan memiliki arsitektur berbeda tergantung pada kebijakan juga pangsa pasar penggunanya.

4. Jenis mail server

Jika kita berbicara masalah jenis sebenarnya itu tergantung pada protokol peladen apa yang digunakan oleh provider. Anda bisa lihat lagi pada poin protokol dalam konsep layanan peladen surel.

Selain itu ada juga jenis peladen surel yang memang dikembangkan secara spesifik oleh beberapa perusahaan tertentu. Berikut akan kami berikan beberapa contoh yang tidak tergantung pada protokolnya.

  • Exchange system

Ini adalah peladen surat elektronik hasil pengembangan dari Microsoft untuk para pengguna. Mereka memiliki fitur seperti kolaborasi atau penjadwalan sesuai kebutuhan penggunanya.

  • Groupwise

Groupwise biasanya dipasarkan pada perusahaan besar agar mudah digunakan para karyawannya. Setelan dari peladen ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan korporasi penggunanya.

  • Zimbra

Zimbra merupakan salah satu jenis peladen dengan sistem open source untuk digunakan. Artinya semua pengguna bebas memakainya secara gratis dan dapat mengembangkannya sendiri tergantung pada kebutuhan.

  • Gmail

Ini mungkin salah satu jenis paling banyak digunakan oleh para pengguna di dalam negeri. Kita dapat menggunakannya secara gratis dan banyak juga fitur disediakan oleh pengembang dari layanan tersebut.

Jika sudah mengetahui berbagai informasi terkait layanan surel tadi setidaknya sebagai user entry level Anda bisa memahaminya. Jadi kualitas layanan dari penyedia surat elektronik selalu dipengaruhi oleh mail server dikelolanya.

Apabila Anda memang ingin membuat sendiri layanan peladen surel untuk korporasi gunakan penyedia service terpercaya. Kami PT. BSB adalah salah satu opsi yang bisa Anda gunakan, cek langsung di ptbsb.id atau atau no WA.

Pelajari juga manfaat dan cara kerja mail server. Klik disini untuk membaca artikel tersebut.

No Comments

Post A Comment

Contact Us