Panduan Membeli Monitor LCD Komputer Berkualitas

monitor LCD

Panduan Membeli Monitor LCD Komputer Berkualitas

Membeli monitor LCD komputer yang berkualitas adalah langkah penting untuk meningkatkan pengalaman komputasi Anda. Dalam pembelian monitor tentu saja tidak boleh sembarangan dan ada banyak hal penting harus dipertimbangkan.

Jangan sampai salah menentukan pilihan apalagi ada banyak spesifikasi dan merk terkenal dengan harga bervariasi. Pastikan Anda memilih monitor LCD komputer terbaik sesuai dengan kebutuhan agar bisa dipakai jangka panjang.

Artikel ini akan memberikan panduan yang membantu Anda memilih monitor yang tepat, dengan fokus pada resolusi, ukuran, jenis panel, refresh rate, konektivitas, dan fitur-fitur tambahan yang mendukung kebutuhan Anda.

Apa yang Dimaksud Monitor LCD?

monitor LCD 14 inch

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara tepat membeli monitor LCD dengan kualitas terbaik. Akan lebih baik jika Anda memahami betul apa itu LCD monitor, fungsinya dan spesifikasi secara umum agar lebih mudah dalam menentukan pilihan.

Lantas apa yg dimaksud monitor LCD? Selain itu apa fungsinya sehingga banyak tersedia berbagai merk dan type di pasaran? Monitor sendiri merupakan sebuah perangkat keras yang bertujuan sebagai output untuk menampilkan hasil dari prosesor.

Tidak hanya menampilkan data-data saja namun berbagai informasi seperti foto, video dan sebagainya akan ditampilkan pada layar tersebut. Terdapat beberapa jenis monitor yang terus dikembangkan dari tahun ke tahun seperti bentuk tabung, plasma, LCD, LED dan lainnya.

Bahkan tersedia banyak ukuran dari 14 inci, 17 inci, 19 inci, 20 inci dan lainnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sementara itu monitor LCD adalah perangkat tampilan atau layar komputer yang menggunakan teknologi Liquid Crystal Display (LCD) untuk menampilkan gambar dan informasi.

LCD merupakan monitor namun berbentuk lebih tipis dan tidak memakai tabung pada bagian belakangnya. Jadi dari segi tampilan terlihat lebih slim dan hasil gambarnya juga memiliki presisi datar serta tinggi.

Saat ini tampilan yang disajikan pada layar komputer terus ditingkatkan kualitasnya sehingga lebih jernih dan banyak warna dalam satu tampilan. Semakin tinggi kualitas tampilan tentu semakin mahal juga harga dari monitor tersebut.

Kelebihan dari monitor LCD yaitu lebih hemat energi jika dibandingkan dengan layar jaman dulu bertipe CRT sebesar 40%. Hal ini tentu saja memberikan keuntungan tersendiri karena bisa digunakan tanpa perlu menghabiskan banyak daya listrik.

Panduan Membeli Monitor LCD Komputer

Monitor LCD

Banyaknya pilihan monitor LCD komputer terkadang membuat Anda bingung menentukan pilihan pada saat akan membeli. Hal ini sangat wajar karena penawaran spesifikasi tersebut sangat berkaitan erat dengan harga jadi pertimbangkan beberapa hal berikut ini.

1. Memilih Resolusi saat Membeli monitor LCD

Saat ini banyak pabrikan monitor menghadirkan banyak varian tipe resolusi yang sebanding dengan kualitas hasil pada tampilannya. Semakin besar resolusinya maka akan semakin jernih dan berkualitas hasil dari tampilan pada layar.

Sebelum Anda membeli sebaiknya mengetahui terlebih dahulu ada berapa macam resolusi pada layar monitor LCD. Hal ini penting untuk dijadikan pertimbangan agar bisa memilih perangkat keras atau hardware sesuai kebutuhan dan paling tepat.

Setidaknya ada beberapa pilihan resolusi seperti 720p, 1080p, 1140p, 4K hingga 8K yang masing-masing memiliki arti tersendiri. Huruf dibelakang angka yaitu “p” dan “i” memiliki arti tentang tampilan pemindaian yang ada pada layar tersebut.

Selain itu ada nomor yang mengacu pada jumlah garis horizontal pada layarnya contoh resolusi 720p artinya HD atau HD ready. Sedangkan 1080p memiliki resolusi dengan besar 1920 x 1080 atau FHD (Full HD).

Sedangkan monitor LCD dengan layar 4K maka resolusinya yaitu 3840 x 2160 atau dikenal juga dengan istilah UHD (Ultra HD). Dapat disederhanakan dengan maksud 4 kali besaran piksel jika diukur dengan resolusi Full HD.

Untuk resolusi 8K yaitu 7680 x 4320 menawarkan piksel 16 kali lipat dari Full HD dan dari segi harganya jauh lebih mahal karena kualitas hasil gambarnya.

2.  Ukuran

Membeli monitor LCD komputer tentu Anda juga harus memperhatikan ukuran dari layar itu sendiri. Jika digunakan untuk keperluan gaming dan grafis maka Anda bisa menggunakan ukuran 17 inci – 30 inci disesuaikan saja.

Semakin besar ukuran layarnya maka budget yang harus dikeluarkan tentu lebih besar juga. Tidak semua pekerjaan membutuhkan layar dengan ukuran besar jadi tidak perlu memaksakan diri untuk membeli monitor berukuran besar.

Misalnya saja jika bisa menggunakan layar dengan ukuran 17 inci maka tidak perlu harus membeli yang berukuran 30 inci. Karena semua itu tergantung pekerjaan dan kenyamanan monitor LCD pada saat digunakan untuk bekerja.

3.  Jenis Panel

Selain dua hal diatas masih ada lagi yang harus Anda pertimbangkan yaitu dalam memperhatikan teknologi panelnya. Secara umum beberapa merk monitor LCD menggunakan panel IPS dan TN dengan kelebihan serta kekurangan masing-masing.

Jika layar tersebut digunakan untuk keperluan gaming maka direkomendasikan menggunakan teknologi TN saja. Alasannya karena memiliki keunggulan dari segi respon sangat tinggi dan dari segi harga juga lebih terjangkau.

Kalau digunakan untuk keperluan grafis seperti melakukan edit video maupun gambar maka gunakan saja panel IPS. Keunggulannya dari segi warna karena mampu memberikan tampilan jelas dan akurat tanpa menimbulkan perbedaan warna.

Meskipun Anda melihat dari berbagai sudut pandang berbeda tetap tidak akan menimbulkan perbedaan pada warna yang digunakan. Jadi sangat direkomendasikan jika membutuhkan layar untuk keperluan grafis memakai panel IPS.

4.  Refresh Rate

Setiap monitor LCD komputer menawarkan kemampuan berbeda meskipun dari segi tampilan fisik terlihat sama semua. Contohnya saja jika Anda menggunakan monitor standar untuk bermain game maka hasilnya tidak memuaskan karena tidak bisa menyajikan pergerakan lebih halus.

Maka dari itu penting memperhatikan refresh rate pada monitor LCD jika semakin tinggi akan jauh lebih baik. Performa keseluruhan akan mendukung kinerja dari layar tersebut menjadi lebih maksimal.

Jika terpaksa harus memakai refresh rate rendah karena ingin mendapatkan harga jauh lebih murah maka aktifkan saja V-sync. Cari tahu tentang cara merawat PC desktop kantor agar awet. Klik untuk membaca artikel ini di sini.

5. Konektivitas

Hal terakhir yang tidak boleh dilupakan adalah dengan memeriksa fitur konektivitas dari perangkat tersebut. Sangat direkomendasikan untuk membeli monitor yang memang sudah dibekali dengan konektor HDMI.

Meskipun tujuan Anda membeli untuk keperluan pekerjaan atau mengejarkan tugas sehari-hari tidak ada salahnya memperhatikan hal ini. Karena tujuannya adalah untuk bermain game definisi tinggi sehingga performanya jauh lebih baik dan maksimal.

Lakukan pengecekan tentang kebutuhan akan konektivitas agar bisa mendapatkan perangkat yang benar-benar support dengan kebutuhan Anda.Pastikan Anda menggunakan panduan diatas agar bisa mendapatkan monitor LCD berkualitas dengan harga terjangkau dan sesuai kebutuhan.

Jika Anda masih kesulitan dalam menerapkan beberapa panduan diatas karena baru pertama kali membeli perangkat komputer secara online. Maka bisa hubungi kami di website PT BSB atau langsung saja kirim pesan ke nomor WA .

No Comments

Post A Comment

Contact Us