Berikut Fungsi Penting dari Storage Area Network (SAN)

network

Berikut Fungsi Penting dari Storage Area Network (SAN)

Network atau jaringan adalah hal yang harus dimanfaatkan saat ini untuk berbagai kepentingan manusia. Dalam hal ini, jaringan yang dimaksud adalah jaringan komputer yang sejauh ini sudah banyak membantu kehidupan masyarakat, misalnya untuk mengirim data dan lain sebagainya.

Storage Area Network (SAN) telah menjadi solusi yang penting dalam infrastruktur penyimpanan data modern. Jaringan komputer sendiri biasanya dihubungkan dengan jalur transmisi sehingga dapat tersambung dengan perangkat sejenis lainnya.

Dulu, orang – orang hanya menganggap komputer sebagai perangkat pintar saja dan tidak ada fungsi eksternal. Wajar saja karena dulu komputer lebih banyak berfungsi untuk menyimpan data di hard disk, menjalankan sebuah program, atau membuat dokumen dalam format apa saja.

Padahal dengan kepintaran yang diberikan oleh komputer, ada banyak hal lain yang bisa dilakukan oleh manusia, seperti salah satunya adalah dengan membuat penyimpanan berbasis jaringan. Itu sebabnya kini banyak orang memakai network untuk penyimpanan filenya.

Jika Anda memiliki perusahaan, organisasi atau membutuhkan penyimpanan untuk keperluan pribadi, tentu saja bisa memanfaatkan jaringan ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas fungsi penting dari SAN dan bagaimana ia berkontribusi dalam mengelola dan menyediakan akses yang efisien ke data perusahaan.

Fungsi Penting Storage Area Network (SAN)

What is Storage Area Network (SAN) - Friktoria.com - Data Center Services

Storage area network adalah teknologi penyimpanan dalam komputer yang dapat dishare atau dibagi dengan perangkat lain. Jika melihat definisi ini, mungkin Anda akan memikirkan Bluetooth, karena teknologi share ini bisa membagikan file dengan mudah ke perangkat lain.

Tetapi, SAN memiliki cara kerja berbeda dengan Bluetooth, seperti yang sudah Anda ketahui, teknologi Bluetooth masih belum bisa mengirimkan file dengan ukuran sangat besar. Saat ini mungkin sudah bisa, namun tentu saja membutuhkan waktu lama untuk mengirimkannya.

Jika memakai Bluetooth untuk membagi data ke perangkat lain, mungkin Anda harus bersabar. Namun dengan memakai network seperti ini, Anda bisa membagikan data dengan sangat cepat dan mudah. Pahami beberapa fungsi penting lainnya dari SAN agar Anda semakin paham.

1. Konsolidasi Penyimpanan

Konsolidasi penyimpanannya sudah terbaik, atau dapat dijelaskan sebagai jaringan komputer dengan kemudahan menyimpan berbagai jenis file sehingga menjadi sumber utama penyimpanan. Namun tentu saja harus memperhatikan dulu kapasitas penyimpanan tersebut.

Selain itu, network ini dapat memudahkan sumber data bisa diakses oleh banyak orang jika dibutuhkan. Misalnya Anda memiliki file penting berhubungan dengan urusan kantor, jika ingin membaginya dengan karyawan lain, langsung saja aktifkan untuk share atau bagi dokumennya.

Selain itu, penyimpanan ini juga dapat digunakan oleh banyak orang, jadi tidak hanya bisa diakses oleh banyak orang. 1 jenis penyimpanan sudah bisa digunakan oleh banyak orang, hal ini membuat Anda bisa lebih berhemat. Tidak heran jika banyak yang menyukai jaringan ini.

Tetapi sebelum digunakan oleh banyak orang, tentu saja Anda harus mempersiapkan kapasitas penyimpanan yang cukup untuk banyak orang. Meskipun network bisa ditingkatkan kapasitas penyimpanannya, namun lebih baik dipersiapkan saja sejak awal agar bebannya tidak berat.

2. Penyediaan Kapasitas dan Skalabilitas

Penyediaan kapasitasnya juga sangat bagus. Anda bisa melihat bahwa kapasitasnya cukup banyak untuk pemakaian pribadi, namun jika ingin digunakan oleh banyak orang sekaligus juga bisa. Hanya saja lebih baik tingkatkan dulu kapasitasnya sebelum dipakai oleh banyak orang.

Tidak hanya itu, skalabilitasnya juga sangat bagus. Skalabilitas merupakan kemampuan network untuk menahan beban yang diberikan. Jika Anda memiliki kebutuhan penyimpan dalam jumlah besar setiap hari, maka jaringan yang akan membantu menyimpan semuanya sudah harus kuat.

Dengan memakai SAN, Anda tidak perlu khawatir tidak bisa menyimpan banyak sekali dokumen atau file lainnya. Selain itu, skalabilitas terbaik dari SAN juga memungkinkan Anda melakukan upgrade atau menaikkan kapasitas penyimpanan, sehingga dapat menyimpan lebih banyak lagi.

Skalabilitas terbaik akan membantu Anda memudahkan proses upgrade kapasitas penyimpanan. Tidak perlu menunggu sangat lama, karena dipastikan jaringan seperti ini akan mudah bekerja sama jika kapasitas penyimpanannya ditambah lagi sesuai kebutuhan.

3. Kecepatan dan Kinerja Tinggi

Fungsi lainnya dari network ini adalah mempercepat kinerja. Jadi dapat dikatakan kecepatan dan kinerjanya sangat tinggi, karena skalabilitasnya juga sudah bagus. Jika jaringan Anda memiliki skalabilitas bagus, biasanya fitur lainnya akan mengikuti seperti performa dan lainnya.

Performa yang baik pasti akan membuat Anda senang saat melakukan penyimpanan file atau harus membaginya dengan orang lain. Biasanya, performa lambat akan membuat orang jadi tidak sabaran, karena menunggu suatu perangkat bisa bekerja dengan baik sangat susah.

Kecepatan dan kinerja tinggi ini akan semakin terasa jika Anda melakukan share atau mengirim file pada perangkat lain. Hal ini juga yang membedakan antara Bluetooth dengan SAN, karena SAN sangat cepat dalam pengiriman meskipun ukuran filenya sangat besar.

4. Redundansi dan Keandalan Tinggi

Redundansi adalah hal yang perlu diperhatikan saat ingin memakai network untuk keperluan penyimpanan atau hal lainnya. Redundansi adalah istilah untuk kelimpahan sesuatu karena sudah jauh melebihi kebutuhan seharusnya.

Suatu sistem jaringan komputer tentu saja harus memiliki redundansi dengan baik, karena tidak jarang ada orang yang menyimpan atau mengolah data dengan jumlah besar, namun tidak tahu apa jaringannya sudah kuat untuk menopan beban yang melebihi batas kapasitas seharusnya.

Jika tidak memiliki redundansi dengan baik, maka perangkat komputer untuk penyimpanan bisa mengalami eror, seperti tiba – tiba blank screen atau bahkan mati total. Namun jika sudah memakai SAN sejak awal, pasti penyimpanan berlebihan tetap bisa ditangani dengan baik.

5. Manajemen Data yang Efisien

Kemudian, SAN juga memungkinkan Anda untuk memanajemen data secara efisien. Manajemen data dapat disebut juga dengan pengolahan. Misalnya ingin merubah isi file, membuat file baru atau membaginya dengan orang lain.

Tanpa network terbaik seperti SAN, tentu saja manajemen data akan semakin sulit dilakukan. Jika Anda ingin mendapat kemudahan dalam hal ini, langsung saja install SAN agar bisa dipakai di perangkat komputer atau laptop masing – masing.

Setelah itu, coba edit file atau kelola datanya sesuai kebutuhan. Meskipun ada banyak hal yang dilakukan, namun tetap saja efisien asalkan sudah menyalakan koneksi internet untuk memakai SAN.

Berdasarkan beberapa fungsi storage area network, tentu saja Anda akan semakin tertarik memakai teknologinya. Apalagi SAN sudah termasuk teknologi penyimpanan modern dan dapat dipakai untuk fungsi lainnya sebagai pengirim atau pembagi data pada perangkat lain.

Jika ingin memakai teknologi modern ini karena beberapa fungsinya, pastikan sudah memilih jasa terbaik untuk memasangnya di perangkat Anda. Salah satu jasa terbaik yang dapat diandalkan untuk memasang storage area network adalah PT BSB.

PT BSB menyediakan jasa yang berhubungan dengan pemasangan teknologi penyimpanan dan sejenisnya, baik untuk keperluan perusahaan atau kebutuhan pribadi. Anda bisa menghubungi kami melalui website ptbsb.id atau hubungi via no WA untuk dapatkan layanan terbaik.

Pelajari juga lebih lanjut tentang storage area network dan keuntungannya, klik disini untuk membaca artikel selengkapnya.

No Comments

Post A Comment

Contact Us