Perusahaan Penyedia Server Komputer Terpercaya Jakarta

Perusahaan Penyedia Server Komputer

Perusahaan Penyedia Server Komputer Terpercaya Jakarta

Di era serba digital seperti sekarang, penggunaan server semakin meningkat. Server komputer dibutuhkan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar dengan stabil. Teknologi ini dibutuhkan hampir seluruh organisasi atau instansi untuk saling terhubung dan mengakses data. Di Jakarta sendiri, sudah banyak perusahaan penyedia server komputer karena permintaan akan produk ini memang semakin meningkat. Penjelasan lebih lanjut tentang server komputer adalah berikut ini.

 

Jenis-Jenis Server

Terdapat beberapa produk server mulai dari tipe rack atau tower. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Lalu, mana yang lebih baik dari keduanya? Memilih server memang membutuhkan beberapa pertimbangan mengingat harga server tidaklah murah dan ini adalah investasi jangka panjang. Simak penjelasan berikut ini untuk menentukan server komputer yang cocok.

1. Rack vs Tower Server

Server Rack dan server Tower terlihat berbeda secara fisik. Server tower memiliki ukuran cenderung besar dan biasanya disusun bertumpuk. Server tipe ini bisa memuat hingga 12 HDD sekaligus. Sebagai gambaran, ruangan 6 meter persegi bisa memuat 6 server tower.

Sementara itu tower rack memiliki ukuran lebih kecil dengan kapasitas maksimal hanya 6 HDD. Biasanya tower rack diletakkan di lemari server. Karena bentuk fisik yang jauh lebih kecil, ruangan seluas 6 meter perseggi sudah cukup menampung 6 server tower.

Harga kedua jenis tower tersebut juga berbeda. Harga dan pilihan produk bisa dilihat di https://www.jktgadget.com/shop/. Mengingat ukurannya cukup besar dan bentuknya tidak seringkas server rackServer tower lebih hanyak digunakan karena harganya cenderung lebih murah. Server jenis ini cocok diletakkan di ruangan berukuran luas.

Berbeda dengan server tower, server rack memiliki desain lebih ringkas sehingga tidak memakan banyak tempat. Walaupun harganya lebih mahal, server rack memiliki beberapa kelebihan seperti gampang dibongkar pasang. Untuk membongkar pasang hardware, cukup tarik rail dan buka p penutupnya. Proses ini berjalan sangat mudah dan cepat. Selain itu, pengaturan pendinginnya lebih fleksibel. Tower rack memang dirancang khusus agar aliran udara lebih efisian dan lancar.

DELL Rackserver Poweredge Server Kantor Perusahaan

2. Memilih Server

Bingung memilih server komputer yang cocok sesuai kebutuhan? Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat membeli server komputer yaitu fungsi, fitur, bujet, dan fitur. Pertama, tentukan tujuan membeli server. Untuk hasil optimal, pilih server komputer dengan performa bagus, kapasitas besar, dan kecepatan transafer yang mumpuni.

Salah satu pilihan ideal adalah harddisk tipe SATA karena harganya cukup terjangkau namun lumayan cepat dan fiturnya cukup lengkap. Perlu diingat, idealnya server memiliki kecepatan 100 Mbps/ 1 Gbps. Selain itu, pilih server yang dilengkapi dengan layanan email.

Acuan selanjutnya untuk memilih server komputer adalah merek atau brand. Beberapa konsumen mungkin cenderung fanatik pada satu merek tertentu di pasaran. Merek dapat menjadi acuan penting karena setiap produsen pasti memiliki corporate standard tersendiri untuk menentukan kualitas produk. Maka tidak salah jika konsumen memilih produk berdasarkan brand yang mengusungnya.

Merek tertentu juga menyediakan fitur spesial yang mungkin tidak dimiliki oleh kompetitornya. Jika kamu ingin memilih server komputer dari merek tertentu, pastikan kamu membelinya di distributor resmi agar mendapat produk asli dan layanan maksimal. Selain itu, jangan ragu berkomunikasi dengan penjual karena komunikasi kedua belah pihak sangat penting terutama jika di kemudian hari, pembeli menemukan kesulitan atau masalah dengan produk yang dibeli.

Harga server komputer juga menjadi faktor penting untuk dipertimbangkan. Seperti disebutkan sebelumnya, ada dua jenis server yang bisa dipilih. Server rack dan tower memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Server tower bisa menjadi pilihan idea jika bujet terbatas. Jika mencari server yang lebih praktis dan tidak makan banyak tempat, server rack adalah solusinya walaupun harganya lebih mahal.

Apa itu PC server beserta kegunaannya?

Seperti telah dijelaskan di atas, server komputer atau PC server adalah bagian dari sistem komputer yang menyediakan layanan khusus berupa penyimpanan data. Server komputer menyimpan berbagai jenis dokumen sebagai sumber informasi bagi pengguna atau pengunjung. Karena itu, server memiliki peran penting dalam memberikan akses lebih cepat untuk menerima atau mengirim data yang tersedia pada server tersebut.

Jadi, secara umum fungsi utama server adalah melayani permintaan data dari komputer klien. Berikut ini adalah penjelasan lebih detail tentang kegunaan PC server.

1. Melayani Permintaan Komputer Klien

Untuk mendukung fungsi utama ini, server didukung oleh sistem operasi yang aman dan cepat. Tujuannya adalah agar klien dapat bekerja lebih efektif dalam menjalankan aplikasi atau data yang diminta.

2. Menyimpan Informasi atau Data

Fungsi lain yang tak kalah penting adalah sebagai tempat menyimpan data yang dikirimkan oleh klien. Server harus mempunyai kapasitas besar agar dapat menampung banyak data dari berbagai jenis dokumen dan informasi yang kompleks.

Filet tersebut dapat diakses oleh banyak klien menggunakan file sharing. Emua data yang tersimpan di sini dilindungi oleh anti malware dan dilengkapi setting backup file. Dengan demikian, data terproteksi dari spam, virus, dan ancaman lain yang dapat merusak atau bahkan menghilangkat data.

Pengguna dapat menyimpan file dan mengintegrasikannya melalui server di dalamnya. Selain itu, file tersebut dapat diakses oleh pengguna lain dalam waktu bersamaan karena menggunakan sistem file sharing.

3. Berperan Dalam Konfigurasi Data

Server komputer mampun menyimpan segala jenis data atau informasi. Setiap server memiliki fitur keamanan yang dapat diandalkan untuk melindungi data dari craking atau hacking yang berhubungan dengan pencurian data pengguna secara ilegal. Dengan kata lain, server dianggap memiliki keamanan yang cukup dalam hal konfigurasi data.

Apa Perbedaan antara Server komputer dan Komputer Klien?

Pembahasan mengenai server komputer tidak akan terlepas dari komputer klien karena kedua hal ini saling berhubungan. Secara umum, server komputer bertanggung jawab terhadap seluruh penyimpanan data, dan melayani penyimpanan akses dari komputer klien serta bertanggung jawab atas manajemen lalu lintas data dalam sebuah jaringan.

Sementara itu, komputer klien adalah meminta layanan akses data pada PC server. Layanan yang diminta bisa berupa file, data, gambar, printer, dan sebaginya. Jadi, komputer klien menggunakan suatu aplikasi yang digunakan komputer klien.

Sama halnya dengan PC server, komputer klien memberikan askses sama cepatnya. Tetapi hal ini dikarenakan tidak melalukan tugas lain dalam satu waktu, seperti yang bisa dilakukan komputer service. Karena alasan ini, komputer klien dengan akses terbatas baik digunakan sebagai sistem administrasi dan keamanan perusahaan.

Sebagaimana server komputer, komputer klien memiliki berbagai fungsi. Di antaranya adalah menjalankan sebuah program dengan eficient karena tidak melakukan tugas lain menjadi sistem keamanan admistrasi dan menjadi sistem keaamanan administrasi.

Nah, itulah informasi tentang perbedaan kedua komputer. Jika kamu ingin memesan server komputer, kamu dapat langsung membuka situs https://www.ptbsb.id/. Melalui toko peralatan komputer dan elektronik ini, proses pengadaan server komputer menjadi lebih cepat dan mudah. Selain itu, kualitas produk terjamin. Harganya pun kompetitif.

 

 

 

Baca juga : Perusahaan Penyedia Dedicated Server Indonesia

 

No Comments

Post A Comment

Contact Us