Prosesor Intel Core i3: Urutan Generasi Terbaru?

prosesor Intel Core i3

Prosesor Intel Core i3: Urutan Generasi Terbaru?

Sebagai salah satu produsen prosesor terkemuka, prosesor Intel selalu mengalami update atau pembaruan generasi dari waktu ke waktu. Begitu juga dengan mode Prosesor Intel Core i3 yang kini sudah dirilis dalam beberapa generasi berbeda.

Seri Core i seperti (i3, i5, i7, i9, dan sejenisnya) pada dasarnya merupakan seri prosesor Intel yang mulai dirilis sejak tahun 2008. Berbeda dengan seri lain, seri i menawarkan kinerja lebih cepat serta efisien, sehingga lebih populer digunakan oleh para pengguna komputer.

Jadi, mengetahui urutan dari prosesor Intel seri Core i3 generasi terbaru adalah kunci untuk memahami kemajuan teknologi dan kinerja yang ditawarkan. Sebab semakin baru generasi perilisannya, maka semakin canggih juga teknologi yang ditawarkan.

Oleh karena itu, sebaiknya ketahui apa saja urutan produk prosesor dari Intel sebagai pembanding untuk memilih produk terbaik sesuai kebutuhan komputasi Anda. Artikel ini akan menjelaskan urutan terbaru dari seri Intel Core i3, sehingga Anda dapat memilih dengan bijak sesuai dengan kebutuhan komputasi Anda.

Prosesor Intel Core i3 Generasi ke Berapa?

Prosesor Intel Core i3

Intel Core i3 generasi ke berapa? Berdasarkan informasi dari web resmi Intel.com, urutan prosesor Intel terbaru saat ini sudah mencapai generasi ke 11, 12, dan 13. Ketiga seri tersebut merupakan penerus dari generasi sebelumnya, yang telah mengalami peningkatan kinerja serta efisiensi secara signifikan.

Karena itu, fiturnya juga semakin canggih sehingga bisa memberikan pengalaman komputasi yang lebih lancar, responsif, dan produktif. Sangat cocok bagi mereka yang membutuhkan prosesor untuk mendukung produktivitas serta pekerjaan harian.

Urutan Prosesor Intel Core i3 Generasi Terbaru

Jual Beli ASUS Laptop Notebook Vivobook A516 Intel Celeron Jakarta Mura

Berdasarkan urutan rilisnya, gen 11 dirilis pada tahun 2020-2021, Gen 12 pada tahun 2022, sedangkan Gen 13 baru resmi dirilis di Indonesia pada awal 2023 ini. Adapun pembahasan lebih rinci terkait prosesor Intel Core i3 generasi terbaru adalah sebagai berikut.

1. Generasi Terbaru Prosesor Intel Core i3

Di antara gen 11, 12, serta 13, generasi terbarunya adalah generasi 13 yang baru saja dirilis pada kuartal 1 tahun 2023 ini. Adapun nama kode Intel untuk gen 13 adalah Raptor Lake yang diambil berdasarkan arsitektur hybrid-nya yang memanfaatkan Raptor Cove dan Gracemont.

2. Kinerja yang Ditingkatkan

Sebagai urutan prosesor Intel terbaru, kinerja i3 gen 13 tentu sudah jauh lebih meningkat dibandingkan versi terdahulu, yaitu gen 12, 11, serta versi sebelum itu. Berdasarkan website resminya di Intel.com, kinerja yang ditingkatkan meliputi beberapa aspek yaitu:

  • Max Turbo Frequency up to 4.5 GHz

Max Turbo Frequency adalah kecepatan maksimum yang dapat dicapai oleh prosesor saat menangani beban kerja sangat berat atau saat ada permintaan performa tinggi. Pada gen 13, prosesornya dapat mencapai kecepatan maksimum hingga 4.5 GHz dalam mode Turbo Boost.

  • Performance-core Max Turbo Frequency up to 4.5 GHz

Dalam prosesor Intel Core i3 gen 13, performance-core mengacu pada inti CPU yang memiliki performa tertinggi, ditujukan untuk menangani tugas berat seperti gaming dan desain 3D. dengan kecepatan maksimum hingga 4.5 Ghz, performa menjadi lebih lancar dan responsif.

  • Performance-core Base Frequency up to 3.4 GHz

Berbeda dengan Max Turbo Frequency, Base Frequency adalah kecepatan dasar (default) dari prosesor saat beroperasi dalam kondisi normal tanpa kebutuhan performa tinggi. Dengan base clock sebesar 3.4 GHz, performa prosesornya dalam kondisi normal akan tetap optimal.

Jika dibandingkan dengan generasi terbaru sebelumnya yaitu prosesor Intel i3 gen 2, secara keseluruhan memang tidak ada perbedaan dari segi ukuran cache yaitu 12 MB. Namun, perbedaan paling signifikan terdapat pada variasi kecepatan intinya yaitu hingga 4.5 GHz.

3. Tipe dan Nomor Model

Prosesor Intel dirilis dalam berbagai tipe dengan nomor model tertentu sebagai pembeda. Sebagai contoh untuk Core i3-11100HE, angka 11 menyatakan informasi terkait generasinya, yaitu gen 11. Berikut ini rincian tipe dan nomor model dari Intel® Core™ gen 13 terbaru:

  • i3-1320PRE (12M Cache, up to 4.50 GHz)
  • i3-13300HRE (12M Cache, up to 4.60 GHz)
  • i3-1305U (10M Cache, up to 4.50 GHz)
  • i3-1315UE (10M Cache, up to 4.50 GHz)
  • i3-1315U (10M Cache, up to 4.50 GHz, with IPU)
  • i3-13100F (12M Cache, up to 4.50 GHz)
  • i3-13100T (12M Cache, up to 4.20 GHz)
  • i3-13100TE (12M Cache, up to 4.10 GHz)
  • i3-13100 (12M Cache, up to 4.50 GHz)
  • i3-1315U (10M Cache, up to 4.50 GHz)
  • i3-13300HE (12M Cache, up to 4.60 GHz)
  • i3-13100E (12M Cache, up to 4.40 GHz)
  • i3-1320PE (12M Cache, up to 4.50 GHz)

4. Keunggulan dan Fitur

Urutan prosesor intel core i3 sebagai generasi terbaru sudah memiliki berbagai keunggulan serta fitur yang lebih baik dibanding versi terdahulu. Sebagai referensi, berikut ini ringkasan fitur terkini yang disematkan beserta rincian keunggulannya.

  • Performance-core (P-core)

Adalah Inti CPU dengan kinerja paling optimal yang pernah dibangun oleh Intel. Teknologi inti CPU ini dirancang untuk menangani tugas-tugas single-threaded, lightly threaded, hingga beban kerja berat seperti 4K gaming serta desain 3D.

  • Performance Hybrid Architecture

Sebagai urutan prosesor Intel terbaru, Core i3 gen 13 telah mengintegrasikan dua mikroarsitektur inti menjadi satu die. Hal ini dapat memberikan prioritas sekaligus mendistribusikan beban kerja untuk mengoptimalkan performa.

  • Efficient-core (E-core)

E-core dirancang untuk menangani tugas multi-threaded serta tugas di latar belakang. Contohnya yaitu untuk menangani tab browser minim, layanan IT, dan sinkronisasi cloud agar P-core dapat memberikan performa luar biasa tanpa gangguan.

  • PCIe 5.0 hingga 16 Lanes

PCIe adalah sebuah antarmuka komputer yang digunakan untuk menghubungkan perangkat keras internal ke motherboard. Pada prosesor Intel i3 gen 13 ini, sudah mendukung kecepatan hingga 32 GT/s untuk akses ke discrete graphics dan storage dengan 16 jalur.

  • Intel® Thread Director

Selanjutnya, terdapat juga teknologi terbaru Intel Thread Director. Teknologi ini mengoptimalkan beban dengan membantu pengatur OS mendistribusikan beban kerjanya secara cerdas ke core lain secara optimal.

Dengan berbagai fitur dan dukungan teknologi terbaru prosesor Intel deskripsi di atas, hal ini memungkinkan kecepatan transfer data menjadi lebih tinggi. Selain itu, ini juga membantu memberikan performa yang lebih baik dalam memproses tugas-tugas komputasi.

5. Pilihan yang Bijaksana

Berdasarkan ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Core i3 gen 11 sebagai generasi terbaru adalah pilihan terbaik jika ditinjau dari berbagai aspek. Di antaranya yaitu peningkatan kinerja, dukungan teknologi terkini, efisiensi lebih baik, serta harga terjangkau.

Sebab dibanding i5, i7, i9, atau seri i Core lainnya, i3 merupakan versi yang lebih terjangkau. Artinya, prosesor Intel i3 ini sangat cocok bagi pengguna dengan anggaran terbatas yang tetap menginginkan performa optimal untuk berbagai kebutuhan komputasi harian.

Jika tertarik untuk menggunakan prosesor terbaru ini, PT BSB adalah solusinya. PT BSB adalah perusahaan IT solution yang juga menyediakan berbagai produk hardware terbaik dalam berbagai tipe dan merek, salah satunya yaitu prosesor atau CPU Intel.

Tersedia juga beragam produk lainnya dengan ketersediaan garansi sebagai jaminan keaslian produk. Jadi, dapatkan prosesor Intel terbaru serta produk hardware terpercaya dan berkualitas lainnya di PT BSB dengan cara hubungi via WhatsApp.

Baca juga: Tips Memilih Spesifikasi Server Komputer untuk Kantormu

No Comments

Post A Comment

Contact Us