Berikut Pengertian Remote Server dan Fungsinya

Remote Server

Berikut Pengertian Remote Server dan Fungsinya

Dalam sistem komputer, kita mengenal istilah server. Server adalah sistem komputer yang memiliki layanan khusus untuk kebutuhan penyimpanan data. Lalu apakah anda pernah mendengar istilah remote Server? Lalu apa pengertian remote server dan fungsinya?

Data yang disimpan di dalam server merupakan informasi yang beragam jenisnya, dan sangat kompleks. Karena server melayani komputer lain atau client di dalam suatu jaringan komputer, dengan menyediakan informasi dan pengaksesan data untuk client.

 

Apa Pengertian Remote Server?

Dedicated Server Indonesia

Remote server adalah jenis server yang bisa diakses dan dikendalikan dari jarak jauh. Jadi, meskipun pengguna komputer tidak berada dalam satu jaringan di LAN yang sama, bisa tetap masuk ke dalam sistem server tersebut dengan sistem remote tadi.

Dengan sistem ini, maka server bisa diletakkan jauh dari komputer client atau di tempat yang tersembunyi agar tidak sembarang diakses oleh orang lain.  Dengan cara ini, maka server akan lebih terjamin keamanannya, dengan sistem akses dari jarak jauh.

Sesuai dengan pengertian remote server, untuk mengakses remote server pun, tidak sembarang orang bisa. Anda harus memiliki IP dari komputer server, username komputer server, dan password yang digunakan untuk login.

 

Apa Contoh Aplikasi Remote Server?

Karena berfungsi sebagai server, maka komputer atau perangkat fisik yang digunakan juga harus memiliki spesifikasi yang tinggi. Komputer untuk keperluan remote server bisa anda dapatkan di jktgadget.com

Produk-produk yang ada di Jkt Gadget memiliki kualitas yang sangat bagus, dengan spesifikasi yang tinggi, sehingga cocok digunakan sebagai komputer remote server, sesuai dengan pengertian remote server dan sistem atau cara kerjanya.

Untuk membahas spesifikasi komputer yang digunakan untuk remote server, kita bisa sekaligus membahas mengenai aplikasi apa saja yang digunakan untuk menunjang kerjanya, sesuai dengan pengertian remote server yang sudah dibahas sebelumnya.

Berikut adalah daftar aplikasi yang digunakan untuk mendukung remote server:

 

1. TeamViewer

Aplikasi ini sangat umum digunakan dalam dunia server, karena termasuk mudah dalam penggunaannya. Anda tidak perlu melakukan konfigurasi router dan firewall pada jaringan komputer, untuk melakukan koneksi dengan sistem remote.

Dengan aplikasi ini, pengguna bisa melakukan akses remote cross platform atau lintas platform, ke perangkat apapun, dengan lebih aman, kapanpun dan dimanapun.

Sesuai dengan penjelasan mengenai pengertian remote server, untuk bisa menggunakan aplikasi TeamViewer, ada spesifikasi komputer yang harus dipenuhi untuk menjadi remote server, beberapa diantaranya adalah:

  • LENOVO PC DESKTOP M70T-11TA00-0DIF yang memiliki RAM 8 GB, penyimpanan 512 GB, dan perangkat lunak Windows 11 Pro.
  • DELL DESKTOP PC XPS 8940 I7-11700, dengan RAM 8 GB, dan memori 1 TB + 512 GB, dan sistem operasinya Windows 11 Pro.
  • DELL PC DESKTOP OPTIPLEX 7090MT I7-11700 dengan RAM 16 GB, dan memori 2 TB + 256 GB, dan sistem operasinya Windows 10 Pro.

2. Remote Utilities

Aplikasi selanjutnya yang digunakan sesuai dengan pengertian remote server adalah Remote Utilities, yang bisa menjadi aplikasi remote server dengan full control dan view.

Aplikasi ini memiliki fitur Active Directory supaya pengguna bisa mengakses dan mengontrol suatu PC server dengan hanya satu kali klik saja. Aplikasi ini juga biasa disebut internet ID sesuai dengan pengertian remote server.

Kelebihan lainnya adalah, aplikasi ini bisa digunakan untuk mengontrol 10 komputer server sekaligus. Keamanan aplikasi ini juga terjamin karena adanya fitur Two Factor Authentication dan RDP (Remote Desktop Protocol) Integration.

Beberapa komputer yang bisa menjadi server agar anda bisa lebih mudah sesuai dengan pengertian remote server dan sistem kerjanya, yaitu:

  • HP DESKTOP PC 280 PRO G6 MT dengan RAM 8 GB, memori 1 TB+512GB, dan sistem operasi Windows 11 Pro.
  • DELL PC DESKTOP VOSTRO 3888MT 17-10700, dengan RAM 16 GB, memori 512 GB, dan sistem operasi Windows 11+OHS.

3. Windows Remote Connection

Jika anda pengguna sistem operasi Windows, aplikasi ini akan sangat membantu anda karena sudah terintegrasi secara otomatis dengan sistem operasi di komputer anda.

Sesuai dengan pengertian remote server, Windows Remote Connection akan membantu anda melakukan pengontrolan dan akses server dari jarak jauh, bahkan dengan menyediakan fitur chatting dan video call.

Beberapa jenis komputer yang tersedia di jktgadget.com dan support untuk aplikasi ini adalah:

  • DELL PC DESKTOP OPTIPLEX 7090MT 17-11700, dengan RAM 16 GB, memori 2 TB + 512 GB, dan Windows 10 Pro

Berdasarkan Pengertian Remote Server, Apa Fungsinya?

Cloud Server

Sesuai dengan pengertian remote server, fungsinya juga berkaitan dengan hal tersebut. Untuk informasi yang lebih lengkap, simak penjelasannya di bawah ini:

1. Turn On/Off Dari Jarak Jauh

Misalkan saja komputer client berada di ruangan yang berbeda, komputer server bisa mematikannya dari ruangan server, tanpa harus pergi ke ruangan komputer client.

2. Mengontrol Komputer Client

Sesuai dengan pengertian remote server, fungsi ini juga berkaitan dengan pengendalian atau pengontrolan komputer lain dalam jaringan server yang sama. Sistem ini biasanya digunakan untuk serverclient yang berada di daerah yang berbeda.

3. Mengendalikan Penggunaan Resources Pada Jaringan

Dalam pengertian remote server, dijelaskan juga mengenai jaringan. Komputer server bisa mengendalikan sources pada jaringan, misalkan dengan memutuskan resources, bila melebihi batas, dan lainnya.

4. Bisa Memantau Keamanan Server

Server memiliki peran center dalam jaringan, oleh karena itu, berdasarkan pengertian remote server, keamanannya harus dijaga dengan maksimal. Karena jika terjadi masalah pada server, akan menyebabkan masalah pada komputer client dan jaringan.

Bagaimana Prinsip dan Cara Kerja Remote Server?

Macam Macam Web Server

Prinsip dan atau cara kerja remote server tidak jauh dari pengertian remote server itu sendiri. Yaitu untuk mendapatkan akses ke server yang dituju, maka di komputer client harus melakukan permintaan izin terlebih dahulu.

Setelah itu, client harus mengisikan username dan password untuk login ke akses server. Jika password dan username yang dimasukkan benar, maka client bisa memiliki akses penuh terhadap server.

Jika dipahami dari pengertian remote server, maka secara singkat sistem kerjanya ibarat perangkat telepon yang akan melakukan panggilan. IP server ibarat nomor tujuan panggilan. Maka agar client bisa menghubungi server, harus mengetahui IP server.

Apa Syarat Utama Server Dapat di Remote?

Untuk bisa di remote, maka port service tertentu pada komputer server harus dibuka, agar client bisa melakukan request atau izin untuk masuk ke server, melalui jaringan lokal maupun internet, sesuai dengan penjelasan pada pengertian remote server sebelumnya.

Jika port tersebut tidak dibuka, maka client tidak bisa mengakses komputer server, dan tidak bisa terhubung.

Itulah pengertian remote server, fungsi, jenis aplikasi, hingga beberapa hal penting terkait remote server. Jika anda mengalami masalah pada komputer anda, baik remote server maupun client, anda bisa mengunjungi http://ptbsb.id/ untuk mendapatkan solusinya.

 

 

Baca juga : Ini Dia Contoh Web Server yang Perlu Kamu Ketahui

 

No Comments

Post A Comment

Contact Us