Perusahaan Penyedia Laptop untuk Ruang Lab Komputer

ruang lab komputer

Perusahaan Penyedia Laptop untuk Ruang Lab Komputer

Apa yang terpikirkan saat mendengar kata ruang lab komputer? Kebanyakan orang pasti membayangkan sebuah ruangan memiliki deretan meja dan kursi dengan layar monitor di masing-masing meja beserta kelengkapan unit komputer lainnya.

Kurang lebih begitulah gambaran sebuah lab komputer yang digunakan untuk mempelajari ilmu komputer, terutama software. Sebab untuk pelajaran mengenai hardware atau pelajaran robotic membutuhkan bengkel kerja.

Saat ini, kami akan membahas mengenai ruang komputer atau sering disebut lab komputer maupun lab komp. Lab komputer bisa dijumpai di sekolah, universitas, perkantoran, juga bada penelitian ilmiah.

Bukan hanya digunakan sebagai tempat belajar, tapi juga riset ilmiah, eksperimen, pengukuran, maupun pelatihan ilmiah berhubungan dengan komputer. Namun, yang akan kami bahas di sini adalah tentang ruang komputer pada umumnya di Indonesia.

 

Mengenal Apa yang Dimaksud Ruang Lab Komputer

ruangan lab komputer

Apa itu ruang lab komputer? Yaitu sebuah ruangan khusus, di dalamnya terdapat unit-unit komputer dengan teratur yang digunakan untuk berbagai kegiatan berkaitan komputerisasi.

Umumnya bisa ditemukan di sekolah-sekolah maupun perkantoran atau badan peneliti ilmiah. Setiap lembaga memiliki lab komputer dengan tujuan sendiri, misalnya di sekolah tujuannya adalah untuk proses belajar mengajar.

Di perkantoran bisa diperuntukkan sebagai tempat server, riset ilmiah, eksperimen, pengukuran, dan lain sebagainya. Kalau di lembaga penelitian ilmiah dipergunakan sebagai peralatan penelitian.

Lab komputer bukan warnet, karena peruntukannya khusus bagi anggota pemiliknya saja. Jadi, jangan lagi menyamakan ruang lab komputer dengan warnet. Meskipun keduanya memiliki kemiripan penataan ruang, tapi memiliki fungsi berbeda.

Lab komputer umumnya terdiri atas beberapa komputer klien dan satu komputer server (bisa lebih) yang terhubung dalam satu jaringan Local Area Network (LAN) serta internet. Dibangun secara khusus dan harus di maintenance dengan baik agar kinerjanya tetap terjaga.

Oleh sebab itu, sebuah lab komputer dibangun dengan biaya cukup besar dan disertai biaya perawatan relatif mahal. Meskipun saat ini biayanya bisa lebih ditekan karena menggunakan jaringan internet bukan hanya LAN.

 

Biaya-biaya yang Perlu Diperhitungkan dalam Pembangunan Ruang Lab Komputer

Hal apa saja yang harus diperhatikan dalam ruang komputer? Salah satunya adalah biaya. Ya, biaya merupakan hal penting diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membangun sebuah lab komp. Apalagi jika ingin membangun yang cukup besar.

Adapun biaya-biaya yang harus diperhitungkan adalah:

 

1. Biaya Investasi

Biaya investasi merupakan biaya yang timbul akibat pembelian peralatan dalam hal ini adalah unit PC/laptop. Untuk menentukan biaya investasi, tentukan dahulu Anda ingin menggunakan apa PC/all in PC/laptop.

Anggap saja Anda memilih menggunakan laptop dengan budget 5 juta per unit. Unit yang ingin dibeli sebanyak 30, jadi total yang dibutuhkan adalah 30 x Rp5 juta = 150 juta.

Kemudian pembelian satu server seharga Rp 15 juta. Jadi, total keseluruhan adalah Rp165 juta.

 

2. Biaya Pemutakhiran

Ruang lab komputer dan isinya memiliki masa pakai, sebagai contoh komputer yang harus diperbaiki minimal 4 tahun sekali. Biaya pemutakhiran sekitar 3 juta per unit sehingga membutuhkan Rp90 juta ditambah komputer server Rp15 juta.

Jadi, setiap 4 tahun sekali harus menyediakan biaya sekitar Rp105 juta. Namun, tidak mesti harus dimutakhirkan setelah 4 tahun, bisa jadi lebih cepat atau lambat tergantung pemakaian.

 

3. Biaya Operasional

Biaya operasional merupakan biaya yang dikeluarkan rutin setiap bulannya, salah satunya adalah biaya listrik. Biaya listrik akan tergantung dari pemakaian dan jenis perangkat.

Perangkat PC biasanya membutuhkan listrik lebih besar dibandingkan laptop. Kalau ingin biaya operasional lebih murah, sebaiknya gunakan laptop yang lebih rendah penggunaan listriknya.

 

4. Biaya Perbaikan dan Kendala yang Mungkin Muncul

Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan biaya perbaikan dan kendala yang mungkin terjadi pada ruang lab komputer setiap bulannya. Biaya ini termasuk penggantian perlengkapan atau perbaikan. Besarannya dapat ditentukan setelah ruangan jadi.

Selain biaya-biaya tersebut, ada juga biaya pengadaan meja kursi dan perlengkapan lain. Bahkan biaya pembangunan gedung atau ruangan apabila Anda belum memiliki ruangan yang dapat digunakan.

Biaya pembangunan dari awal hingga terisi unit komputer minimal Rp500 juta untuk sebuah ruangan berisi 30 unit dengan 1 server. Untuk biaya operasional bisa menyediakan mulai dari Rp5 juta per bulan.

 

Cara Membuat Ruang Lab Komputer Nyaman dan Bersih

laptop kantor

Mengapa ruang komputer harus bersih? Karena dengan terjaganya kebersihan, maka peralatan dan perlengkapan dalam lab akan terhindar dari debu sehingga performanya selalu terjaga serta memperpanjang usia pakai.

Jika usia pakai lebih panjang, maka biaya operasional bisa ditekan begitu juga biaya pemutakhiran. Jadi, unit komputer yang sudah punya spesifikasi bagus apabila dirawat dengan baik maka akan membuat Anda berhemat dalam jumlah besar.

Jadi, pastikan untuk memastikan unit tetap dalam performa terbaik dengan perawatan berikut:

  1. Buat program kerja sehingga penggunaan lab menjadi lebih terencana dan pastikan pengelola lab untuk menerapkan perencanaan tersebut.
  2. Membuat aturan bagi pengguna, terutama aturan-aturan yang bermanfaat melindungi ruangan dari hal tidak dii Misalnya aturan untuk tidak makan dan minum saat berada di ruang lab komputer
  3. Menjadwalkan perawatan dan pelaksanaan perawatan lab.
  4. Buat daftar inventaris peralatan dan perlengkapan yang ada di ruangan komputer dan melakukan inventarisasi minimal setahun sekali.
  5. Membuat struktur organisasi dan administrasi sehingga senantiasa terpantau.
  6. Memastikan adanya peralatan keselamatan tersimpan dalam ruang lab komputer.
  7. Memastikan keamanan ruangan dengan memasang CCTV, jendela teralis, serta penguncian yang aman.

Dengan perawatan yang tepat, unit berkualitas untuk pengadaan ruang komputer akan terawat dengan baik dan bisa digunakan dalam jangka waktu lebih panjang. Selain itu, juga meminimalkan terjadinya perbaikan.

Namun, berbeda dengan unit yang sudah jelek dari segi spesifikasi, maka meskipun dirawat kualitasnya akan terus menurun dan membutuhkan pemutakhiran dalam waktu singkat. Jadi, pastikan untuk membeli produk dengan kualitas yang baik.

 

Pilih PC atau Laptop untuk Ruang Lab Komputer?

lab komputer modern

Kebanyakan ruang komputer memang menggunakan PC sebagai unit operasionalnya. Karena dari segi manfaat memang PC lebih cocok digunakan di lab. Namun, laptop juga memiliki keunggulan tersendiri sehingga juga cocok digunakan untuk ruang komputer.

Kami akan coba bandingkan kedua jenis komputer ini untuk melihat, mana yang lebih cocok digunakan pada lab komp.

1. Segi Biaya

Biaya pembelian PC atau desktop dulunya memang lebih murah dibandingkan dengan laptop, tapi sekarang harganya sudah sangat bersaing. Bahkan laptop dengan harga 5 juta sudah bisa mengalahkan desktop yang punya harga sama.

Oleh sebab itu, dari segi harga keduanya sama-sama menguntungkan untuk digunakan pada ruang lab komputer.

 

2. Keamanan

Kalau bicara keamanan, memang PC memiliki keamanan lebih baik, terutama dari pencurian. PC akan lebih sulit dicuri karena ukurannya lebih besar dan terdiri atas beberapa perangkat.

Berbanding terbalik dengan laptop yang lebih ringkas sehingga mudah dipindahkan atau disembunyikan. Oleh sebab itu, apabila memilih menggunakan laptop harus diawasi benar keamanannya.

 

3. Daya Listrik

Laptop memiliki daya listrik yang lebih kecil dibandingkan PC sehingga akan banyak menghemat biaya operasional bulanan. Hanya saja, harus memilih yang punya daya tahan baterai besar serta awet.

 

4. Fungsi

Dari segi fungsi, laptop memang punya mobilitas tinggi dan dapat digunakan di mana saja. Berbeda dengan PC yang hanya digunakan pada satu tempat. Untuk penggunaan di laboratorium tentu saja PC lebih mendukung.

 

Namun, saat ini sudah banyak kampus maupun sekolah kejuruan lebih memilih menggunakan laptop karena kepraktisannya. Jadi, pemilihan menggunakan PC maupun laptop tergantung dari masing-masing pengguna.

Kalau Anda tertarik untuk membeli laptop untuk lab komputer bisa cek di jktgadget.com. Tersedia banyak produk PC/laptop dari berbagai merek dan spesifikasi yang bisa disesuaikan kebutuhan Anda. Juga bisa melayani pembelian dalam jumlah banyak termasuk server.

 

Tips Memilih Laptop untuk Ruang Lab Komputer

Apabila Anda memutuskan untuk membeli laptop untuk mengisi lab komp, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Pilih processor sesuai kebutuhan, apakah untuk kebutuhan standar, perkantoran, desain atau pembuatan game. Karena masing-masing pekerjaan membutuhkan spesifikasi berbeda.
  2. Memori juga harus dipertimbangkan, karena akan digunakan jangka panjang sebaiknya pilih RAM besar. Misalnya, 8 GB sehingga tidak akan perlu diupgrade dalam waktu singkat.
  3. Pilih yang punya daya tahan baterai tinggi dan pastikan berkualitas serta tidak cepat rusak.
  4. Laptop untuk ruang lab komputer harus memiliki kelengkapan konektivitas karena harus disambungkan ke server.
  5. Gunakan SSD agar proses transfer data lebih cepat.
  6. Pilih produk dengan perawatan mudah dan sparepartnya mudah didapatkan.
  7. Pilih penjual yang memberikan layanan purna jual, seperti garansi servis dan kemudahan dihubungi apabila ada kerusakan.
  8. Pilih yang punya dua slot RAM sehingga memorinya bisa diupgrade ketika dibutuhkan.

Katalog Produk JKT Gadget

 

Cara Perawatan Laptop untuk Ruang Lab Komputer

Perangkat komputer memang membutuhkan perawatan yang tepat agar bisa awet dan tahan lama, terutama apabila untuk penggunaan bergilir seperti dalam lab komp. Pada dasarnya perawatannya sama saja seperti biasa, yaitu:

  1. Sebaiknya gunakan stabilizer listrik sehingga tidak cepat merusak berbagai komponen kelistrikan dalam laptop.
  2. Hindari makan dan minum didekat laptop. Sangat perlu dibuat peraturan bagi pengguna agar tidak makan dan minum dalam ruang lab komputer.
  3. Jangan memindahkan laptop dari meja saat menggunakannya, terutama jangan sering meletakkannya di lantai karena rentan terkena debu serta kotoran.
  4. Bersihkan laptop secara berkala, setidaknya enam bulan sekali agar performanya tetap terjaga.
  5. Tambahkan kipas pendingin sebab kipas yang ada pada laptop berukuran kecil sehingga sistem pendinginannya tidak optimal. Bisa membuat meja yang dilengkapi kipas pendingin sehingga membantu kinerja sistem pendinginan pada laptop.
  6. Sebaiknya batasi penggunaan ruang lab komputer agar penggunaan laptop tidak terlalu lama, karena apabila terlalu lama digunakan akan panas dan menyebabkan kerusakan pada komponen di dalamnya.
  7. Pastikan laptop selalu dimatikan apabila tidak digunakan dan hindari menggunakan mode sleep terlalu lama.

Penggunaan laptop untuk lab komputer saat ini memang sudah semakin banyak, karena beberapa kelebihan yang dimilikinya dibandingkan PC. Terutama dalam hal kepraktisan dan kemudahan digunakan.

Anda juga tidak perlu menggunakan banyak perangkat karena pada laptop sudah ada monitor, keyboard, dan mousenya. Jadi, memang sangat praktis untuk digunakan serta multifungsi.

Selain itu, juga terlihat lebih keren sehingga penggunanya juga merasa lebih semangat dalam belajar atau bekerja. Jadi, wajar saja kalau sekarang lembaga pendidikan maupun perusahaan lebih menyukai penggunaan laptop untuk ruang komputer mereka.

Apalagi sekarang harganya juga cukup bersahabat, terutama jika beli di supplier terbaik yang tidak hanya menawarkan harga murah, tapi juga pelayanan terbaik bagi konsumen.  Tertarik memiliki ruang lab komputer berkualitas dengan pelayanan prima bisa cek produknya di ptbsb.id atau hubungi no WA dibawah ini.

Baca juga : Perusahaan Supplier Laptop Untuk Ruangan Lab Komputer

No Comments

Post A Comment

Contact Us