Software Backup Gratis untuk Server dan Panduan Pembuatannya

software backup

Software Backup Gratis untuk Server dan Panduan Pembuatannya

Melakukan backup terkadang menjadi hal yang sangat malas dilakukan karena berbagai alasan. Padahal hal tersebut menjadi sangat penting mengingat berbagai risiko akan kehilangan file, data penting, foto, video, aplikasi dan lainnya, berikut adalah software backup gratis.

Sebenarnya ada banyak cara untuk membackup data seperti menyalin semua file ke hard disk eksternal namun membutuhkan lebih banyak perangkat. Maupun menyalin ke penyimpanan cloud yang saat ini sedang ramai digunakan baik pribadi maupun perusahaan.

Proses penyimpanan ini sangat mudah digunakan apalagi ada banyak pilihan software gratis untuk berbagai jenis server. Serta bisa digunakan ke banyak perangkat sekaligus sehingga tidak perlu ribet berkali-kali melakukan pemindahan data.

Perlu diketahui software backup merupakan sebuah program yang secara khusus didesain sebagai alternatif penggandaan keseluruhan data tersimpan. Namun proses penyimpanan tersebut bukan sekedar menyimpan biasa sehingga butuh langkah khusus.

Artikel ini akan memberikan panduan tentang software gratis yang cocok untuk server, serta langkah-langkah praktis untuk mengimplementasikannya dengan sukses.

Pilihan Software Backup Gratis

Saat akan melakukan backup tentu Anda membutuhkan sebuah software untuk menampung semua data tersebut. Saat ini ada tersedia banyak pilihan software yang bisa digunakan baik berbayar maupun akses secara gratis.

Jika berbayar maka Anda harus mengeluarkan dana untuk membayar tagihan per bulannya sesuai ketentuan dari software tersebut. Namun memanfaatkan layanan gratis ternyata cukup memadai dan menguntungkan tanpa harus mengeluarkan biaya.

Ada beberapa rekomendasi software gratis yang cukup populer seperti Veeam Backup & Replication, Bacula, dan lainnya.

1. Veeam Backup & Replication

CISA Alert: Veeam Backup and Replication Vulnerabilities Being Exploited in  Attacks

Veeam Backup & Replication merupakan sebuah software gratis yang memproses pencadangan secara cepat. Pencadangan serta pemulihan asli untuk Google Cloud, AWS dan Azure.

Mengamankan data tanpa harus menghabiskan uang untuk membayar tagihan bulanan karena keseluruhan layanan disediakan gratis. Dikerjakan oleh tim IT berpengalaman dan terus dilakukan pemantauan untuk menjaga data penting Anda.

2. Bacula

Bacula Systems Bacula Enterprise Reviews, Ratings & Features 2023 | Gartner  Peer Insights

Rekomendasi software untuk backup selanjutnya adalah Bacula yang memberikan layanan terbaik dan berkualitas tinggi. Bacula menyediakan layanan pencadangan dan juga pemulihan data baik untuk pribadi maupun perusahaan besar.

Bacula dirancang khusus untuk membantu para profesional dalam menerapkan sistem cadangan sehingga mendapatkan hasil maksimal. Anda bisa menggunakan layanan ini secara gratis dengan kapasitas penyimpanan cukup besar untuk data-data penting.

3. Paragon Backup & Recorvery

Paragon Backup & Recovery Preview - GCA Cybersecurity Toolkit | Tools and  Resources to Improve Your Cyber Defenses

Mungkin Anda pernah mendengar software terbaik satu ini yang menyediakan layanan gratis dan juga tersedia layanan berbayar. Namun jika digunakan untuk keperluan pribadi memanfaatkan versi gratis sudah cukup memadai.

Software ini menawarkan kemudahan backup dan restore yang dilengkapi dengan Wizard. Jadi kaum awam yang belum terbiasa menggunakan penyimpanan awan dapat dengan mudah menyelesai semua proses tersebut.

Software ini dapat melakukan pencadangan pada seluruh jenis perangkat komputer dengan memilih lokadi atau format file. Menariknya juga dilengkapi dengan kemampuan mengembalikan file hilang secara cepat dan mudah.

4. FBackup

FBackup Reviews: Pricing & Software Features 2023 - Financesonline.com

Masih ada rekomendasi lain yaitu FBackup terinspirasi dari Explorer Windows atau Software Office dikembangkan oleh Softland. Pengguna dapat menyimpan file baik di Google Drive, Flashdisk hingga hard disk dari keseluruhan data tersimpan.

Namun ada kelemahan yang perlu diketahui ketika menggunakan software ini yaitu adanya iklan beberapa kali muncul. Namun iklan tersebut tidak terlalu menganggu jadi bisa diabaikan saja ketika Anda sedang menggunakannya.

Panduan Pembuatan

Mengetahui cara membuat Software backup sangat menarik terutama bagi Anda yang membutuhkan layanan pencadangan ini. Hanya butuh beberapa langkah saja sampai akhirnya bisa sampai pada proses monitoring dan pengelolaan berikut ini.

1. Langkah-langkah Persiapan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah langkah persiapan sebelum memulai backup file. Persiapan penting seperti menentukan software apa yang akan Anda gunakan seperti memilih layanan gratis seperti rekomendasi diatas.

Cari kelebihan, kelemahan, fitur dan layanan dari masing-masing software agar Anda bisa menemukan yang sesuai kebutuhan. Karena layanan ditawarkan gratis tentu saja ada kelebihan dan kekurangan sehingga harus diperhatikan secara detail.

Jangan lupa persiapan perlu dilakukan untuk menentukan jenis data-data dan berapa banyak yang akan dicadangkan. Jika memang dirasa terlalu banyak sebaiknya pilah saja dianggap penting untuk mempercepat proses pencadangan nantinya.

2. Instalasi dan Konfigurasi

Setelah menemukan pilihan software backup gratis yang akan digunakan maka selanjutnya Anda bisa mulai menginstalnya. Bukan sekedar memasang pada perangkat saja namun harus dikonfigurasikan terlebih dahulu.

Proses instalasi ini tidak membutuhkan waktu lama dan juga karena ukuran software berbeda maka kapasitas penyimpanan harus disesuaikan. Namun jangan khawatir karena proses instalasi sangat mudah sehingga bisa dengan cepat terpasang ke perangkat.

Sedangkan untuk proses konfigurasi untuk masing-masing software bisa saja berbeda jadi silahkan sesuaikan saja. Anda dapat mencari panduan konfigurasi dari layanan resmi sehingga bisa mengikuti arahan agar bisa segera memulai backup.

3. Pengaturan Jadwal Backup

Setelah software backup server gratis terpasang dan terkonfigurasi maka Anda bisa melakukan pengaturan jadwal pencadangan. Ada beberapa pilihan jadwal yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan sendiri.

Pilihan jadwal seperti harian, mingguan, bulanan hingga tahunan sesuai kebutuhan perusahaan maupun individu. Pengaturan jadwal tersebut hanya perlu satu kali dilakukan dengan tujuan backup otomatis sesuai jadwal.

Dengan cara tersebut membantu Anda meminimalkan risiko lupa mencadangkan karena sudah dikerjakan secara otomatis. Jadi risiko kelupaan tersebut tidak menjadi masalah karena keamanan data sudah terjamin otomatis.

4. Pemulihan Data

Proses pengaturan jadwal tidaklah membutuhkan waktu lama serta prosesnya cukup sederhana untuk kalangan awam sekalipun. Maka setelah proses tersebut selesai dilakukan selanjutnya Anda bisa memulai melakukan pemulihan data.

Lakukan proses ini secara perlahan mengingat akan ada banyak data-data penting perlu diunggah pada layanan backup tersebut. Lama tidaknya proses pemulihan tergantung dari seberapa banyak file, ukuran serta koneksi internet.

Jadi bukan tergantung dari softwarenya karena meskipun menyediakan layanan gratis namun dari segi kualitas tidak perlu diragukan.

5. Monitoring dan Pengelolaan

Setelah semua proses unggah data di software backup selesai maka Anda tinggal melakukan pengelolaan dan monitoring saja. Proses pengelolaan tidak membutuhkan keahlian khusus sama seperti mengelola data pada perangkat namun beda media.

Pengelolaan dan monitoring ini sangat penting dilakukan untuk memastikan data-data tersimpan dengan aman. Serta sangat mudah dicari ketika membutuhkan untuk digunakan kembali jadi pencariannya tidak butuh waktu lama.

Proses monitoring serta pengelolaan pencadangan file tidak perlu sering dilakukan dengan hanya sesekali saja. Namun agar Anda mendapatkan jaminan keamanan serta kemudahan dalam pengelolaan maka bisa menggunakan jasa profesional.

Dapatkan solusi IT terbaik dan berpengalaman bersama PT BSB. Menggunakan layanan dari PT BSB membuat Anda bisa mendapatkan solusi IT terbaik yang bekerja sama dengan tenaga profesional. Kami akan memberikan rekomendasi terbaik penggunaan software dengan layanan 24 jam setiap harinya.

Berpengalaman di bidang TI sehingga bisa membantu mengelola data penting secara baik dan terjamin aman. Konsultasikan kebutuhan backup data maupun kebutuhan TI lainnya dengan hubungi kami di no WA dibawah ini

Baca juga : Mengenal Apa Itu Computer Vision dan Kegunaannya

No Comments

Post A Comment

Contact Us