Software Manajemen Referensi: Ragam Pilihan untuk Pengelolaan

software manajemen

Software Manajemen Referensi: Ragam Pilihan untuk Pengelolaan

Software manajemen adalah solusi terbaik bagi mahasiswa maupun peneliti untuk memasukkan referensi ke dalam karya ilmiah. Tidak perlu menggunakan cara manual, cukup mengandalkan fitur otomatis.

Berbagai fitur di dalam perangkat lunak tersebut akan membantu dalam mengedit, menyalin, menempelkan kutipan sampai mengubah gaya kutipan. Bahkan, tersedia pula fitur untuk berkolaborasi.

Jadi, software manajemen referensi merupakan alat yang penting untuk para peneliti, akademisi, dan profesional dalam mengelola referensi dan sumber informasi. Berikut ini adalah beberapa pilihan dari software ini yang dapat membantu dalam pengelolaan referensi dengan lebih efisien.

Software Manajemen Referensi

Perangkat lunak manajemen referensi adalah solusi yang begitu bermanfaat bagi para peneliti, akademisi, dan profesional. Berikut ini beberapa rekomendasinya yang akan membantu Anda.

1. Zotero

Zotero

Zotero adalah salah satu rekomendasi software manajemen referensi untuk mahasiswa yang sangat membantu dalam menyusun suatu daftar pustaka. Melalui Zotero, Anda bisa memasukkan beragam jenis referensi pada karya ilmiah.

Misalnya saja berupa buku, video, majalah dan lainnya. Masukkan saja seluruh datanya mulai dari judul, nama penulis, tanggal dan lainnya. Lalu, Anda juga dapat memilih jenis penulisan referensinya, contohnya saja APA, ASA, Chicago dan lainnya.

Terapkan saja perangkat lunak ini pada Microsoft Word atau Google Documents ketika menulis karya ilmiah. Jangan lupa memasang generator pada Google Documents sebelum menggunakannya.

Jadi, cukup mengandalkan software manajemen ini, Anda dapat mengumpulkan beragam bahan penelitian, mengelola dan menjadikannya daftar pustaka secara gratis tanpa ada batasan waktu.

Zotero boleh digunakan pada perangkat Mac maupun Windows. Ada juga fitur Zotero Connector, ekstensi browser yang membuatnya bisa menyimpan halaman website untuk disinkronkan dengan perangkat lunak.

Setelah selesai memasukkan bahan referensinya ke Zotero, Anda bisa mengelompokkannya dalam koleksi. Lantas, buat saja bibliografi dari koleksi tersebut. Jadi, bisa menulis berbagai karya ilmiah tanpa ada referensi yang tertukar.

Apabila ingin berkolaborasi dengan orang lain, tersedia pula fiturnya dalam Zotero. Bersama orang lain, Anda bisa membuat maupun mengedit kutipan dalam software manajemen referensi tersebut.

Terkadang, seseorang perlu menambahkan catatan pada sebuah referensi. Anda juga bisa melakukannya ketika menggunakan Zotero. Cukup tambahkan tag maupun catatan secara mudah.

2. Mendeley

Mendeley

Rekomendasi software manajemen referensi berikutnya ialah Mendeley. Mendeley juga sangat membantu dalam menyusun daftar pustaka untuk suatu karya ilmiah.

Bedanya dengan Zotero, Mendeley hanya mendukung penggunaan pada Microsoft Word. Mendeley tidak bisa digunakan pada Google Documents. Meskipun begitu, fiturnya sudah cukup lengkap untuk Microsoft Word.

Misalnya saja fitur untuk memasukkan data secara manual maupun otomatis pada software manajemen tersebut. Tersedia pula beragam jenis kepenulisan sitasi yang boleh disesuaikan dengan keperluan pengguna.

Mendeley yang berupa plug-in ini akan muncul pada bagian tab Referensi Microsoft Word. Lantas, Anda bisa menambahkan kutipan ke dalam karya ilmiah secara otomatis termasuk membuat bibliografi.

Apabila sudah untuk menuliskan sitasi, cukup klik sisipkan kutipan. Nantinya akan muncul sebuah kotak pop-up yang memungkinkan Anda untuk menemukan perpustakaan dari software manajemen tersebut.

Masukkan kata kunci untuk menemukan referensi yang diperlukan. Boleh pula memasukkan penulis, judul maupun tahun dari referensinya. Jika sudah, Mendeley akan memproses pembuatan kutipan.

Mirip dengan Zotero, software manajemen referensi ini juga menawarkan fitur pengimpor website. Jadi, bisa memanfaatkannya untuk menyimpan halaman website secara otomatis ke dalam Mendeley.

Selain memasukkan berbagai sitasi ke dalam karya ilmiah, Anda juga bisa membuat bibliografi cukup dengan satu klik. Klik Sisipkan Bibliografi dan dapatkan hasilnya secara otomatis berdasarkan referensi yang Anda masukkan ke Mendeley.

Sisi menarik lainnya dari Mendeley ialah terhubung secara langsung dengan Elsevier. Jadi, Anda dapat memanfaatkannya dalam mencari jurnal atau literatur yang diperlukan. Kemudian, penulisan referensinya juga akan lebih mudah.

3. EndNote

EndNote

Selain Zotero dan Mendeley, apa saja software manajemen referensi? Rekomendasi lainnya adalah EndNote. Mirip dengan Mendeley, EndNote hanya bisa digunakan pada Microsoft Word, tidak bisa untuk Google Documents.

Di sisi lain, EndNote mendukung penggunaan pada Mac. Jadi, tidak hanya cocok untuk Microsoft Word. Cocok pula menggunakannya untuk Apple Pages.

Software manajemen ini menawarkan kemudahan dalam penggunaannya. Tersedia beragam pilihan penulisan referensi secara lengkap. Bahkan, bisa pula mengubah format penulisan sitasi sesuai keperluan pengguna.

Cukup dengan satu klik, Anda bisa menambahkan kutipan pada karya ilmiah. Baik itu mengerjakannya pada Microsoft Word maupun Apple Pages.

Selain membuat kutipan, EndNote dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan bibliografi secara otomatis. Tersedia pula pengaturan format dan tata letak bibliografi. Silahkan mengatur ukuran, gaya font, inden baris pertama, inden gantung maupun yang lainnya.

Ada lebih dari 6.000 gaya bibliografi pada EndNote. Ketika mengunduh EndNote pertama kali, tersedia 500 gaya bibliografi. Anda juga bisa mengunduh gaya bibliografi yang diperlukan.

Nantinya, software manajemen ini akan menerapkan pembaruan secara otomatis ketika Anda mengubah kutipan. Jadi, daftar bibliografi akan menyesuaikan dengan perubahan yang Anda lakukan.

Jika Mendeley terhubung secara langsung dengan Elsevier, EndNote terhubung ke Google Scholar. Jadi, ketika menggunakan EndNote Anda juga dapat menemukan beragam literatur secara mudah.

Lantas, bagaimana dengan sistem pembayaran software manajemen ini? Anda boleh mencobanya secara gratis dalam waktu 30 hari. Setelah itu, ada ketentuan pembayaran dari EndNote.

4. RefWorks

RefWorks

RefWorks ialah perangkat lunak manajemen referensi komersial yang basisnya adalah web. RefWorks dibuat oleh Ex Libris, suatu perusahaan ProQuest.

RefWorks bekerja dengan menyimpan data referensi secara online. Jadi, pengguna bisa mengakses maupun mengubahnya dari perangkat mana saja selama terhubung dengan internet.

Tersedia lisensi institusi apabila ingin berlangganan software manajemen ini atas nama seluruh mahasiswa, pengajar maupun staf. Tersedia juga lisensi individu yang bisa digunakan sesuai keperluan.

Anda bisa menggunakan RefWorks pada berbagai sistem operasi, misalnya saja Windows, Mac, sampai Linux. Jadi, dapat mengubah maupun menambahkan sitasi dari berbagai perangkat komputer.

Tersedia pula modul bernama RefShare. RefShare bisa digunakan untuk mempublikasikan seluruh maupun sebagian database RefWorks milik Anda. Nantinya akan tercipta URL untk versi hanya-baca dari database yang bisa dikirimkan lewat email.

5. Citavi

Citavi

Citavi ialah software manajemen dari Microsoft Windows yang dikembangkan oleh Swiss Academic Software. Ketika menggunakan Citavi, Anda bisa menciptakan bibliografi secara cepat.

Misalnya saja memerlukan sampai 20.000 sumber materi, temukan saja dalam perpustakaan yang sudah Anda buat di Citavi. Anda juga bisa melacak materinya secara cepat dan tentu saja efektif.

Silahkan tentukan format penulisan referensinya. Ada pilihan 10.000 gaya kutipan seperti APA, Chicago, MLA, Turabian dan lainnya. Bahkan boleh juga membuat gaya kutipan sendiri.

Software manajemen ini juga bisa memberikan jaminan keamanan dengan menyimpan materi pada server, bukan di cloud. Akan tetapi, Anda boleh memilih apakah ingin menyimpannya secara lokal atau online.

Jadi, apabila ingin menuliskan referensi dan mengelompokkannya berdasarkan proyek, tidak perlu dilakukan secara manual. Cukup gunakan salah satu software manajemen dari rekomendasi di artikel ini.

Dapatkan jasa pembuatan software terbaik dan berpengalaman bersama PT BSB. Temukan kebutuhan Anda di website kami dengan mengakses link https://www.ptbsb.id/ atau hubungi via WA.

 

Baca juga : Supplier Hardware untuk Fasilitas Laptop Mahasiswa

No Comments

Post A Comment

Contact Us