Software Video YouTube: Pilihan Terbaik untuk Editing

Wireless

Software Video YouTube: Pilihan Terbaik untuk Editing

Software video YouTube merupakan alat penting bagi para konten kreator untuk mengedit dan memperbaiki video sebelum diunggah ke platform YouTube. Berikut ini adalah beberapa pilihan terbaik untuk editing video YouTube.

Sebelum itu, jangan lupa jika mengunggah karya di platform tidak cukup hanya dengan menyiapkan materi. Harus juga mempelajari proses editing menggunakan software khusus. Sehingga bisa menghasilkan konten berkualitas.

Ada beragam pilihan software edit video yang terbilang mudah untuk digunakan. Jadi, mari menyimak beberapa rekomendasi perangkat lunak untuk mengedit dalam artikel ini.

Software Editing Video Youtube Terbaik

Terdapat beragam video editing untuk pemula maupun profesional yang bisa dicoba. Setiap tools tentu mempunyai fitur tersendiri, misalnya saja menambahkan teks, audio sampai background.

Apabila hendak mengedit video, tentu wajib tahu mana software yang cocok mengingat fiturnya berbeda-beda. Berikut ini daftar aplikasi yang dapat Anda pertimbangkan.

1. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro ialah software video Youtube besutan Adobe yang sudah cukup populer di kalangan Youtuber. Apakah Anda sendiri juga sudah familiar dengan berbagai aplikasi dari Adobe?

Adobe tidak boleh diremehkan hanya sebagai penyedia aplikasi gratis. Adobe juga cukup menyediakan layanan berkualitas termasuk dalam segi audio dan visual melalui Adobe Premiere Pro.

Ada beragam fitur yang ditawarkan oleh software video ini, sebut saja mengedit video dengan low resolution, 8K sampai VR (Virtual Reality). Banyaknya fitur dari Adobe Premiere Pro membuatnya menjadi andalan bagi para Youtuber.

Bahkan, perangkat lunak ini juga banyak digunakan dalam industri film dan televisi. Jadi, kemampuannya sudah teruji dalam pengeditan video.

Selain hanya mengandalkan Adobe Premiere Pro, Anda juga bisa memaksimalkannya dengan menggunakan Adobe After Effect. Sehingga hasil editing akan tampak lebih keren dan menarik.

Biasanya software hanya dapat diakses menggunakan perangkat seperti PC atau laptop. Namun, Adobe Premiere Pro juga bisa diakses melalui smartphone. Proses editing menjadi lebih praktis.

Ketika baru pertama kali menginstall software editing video Youtube, mungkin saja Anda merasa kebingungan dengan banyaknya fitur di dalamnya. Karena, tampilan yang profesional dan elegan adalah daya tarik dari Adobe Premiere Pro.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena bisa mempelajari beragam tutorial Adobe Premiere Pro di internet. Jadi, terus saja belajar supaya bisa mengedit menggunakan perangkat lunak ini.

2. Final Cut Pro

Final Cut Pro

Final Cut Pro tergolong salah satu software video Youtube terbaik yang ditujukan untuk pengguna Apple, terutama Mac (baik itu iMac atau Macbook). Misalnya saja Macbook 13 Pro.

Sebenarnya dalam dunia editing video, Final Cut Pro kerap disandingkan dengan Adobe Premiere Pro. Keduanya bisa dipelajari oleh para pemula dalam bidang ini.

Lantas, bagaimana dengan sistem pembayaran Final Cut Pro? Anda cukup membayar Final Cut Pro satu kali saja. Nantinya software video ini akan menjadi milik Anda sepenuhnya tanpa perlu membayar lagi ketika ada update atau pembaruan.

Akan tetapi, tidak semua fitur bisa didapatkan langsung ketika Anda membeli Final Cut Pro. Ada beberapa plugin tambahan yang perlu dibayar. Jadi, sesuaikan saja plugin dengan kebutuhan, tidak harus membayar semua plugin.

Sementara untuk fiturnya, software video ini menyediakan berbagai pilihan. Ada multicam, smart conform, metal engine dan lainnya seperti penjelasan di bawah ini.

· Multicam

Apabila menggunakan fitur multicam, Anda dapat menyinkronkan sampai 64 angle. Bahkan, bisa juga menyinkronkan sampai 16 angle sekaligus. Jadi, meskipun ada banyak angle, Anda dapat mengeditnya dalam waktu cepat.

· Advanced Color Grading

Temukan fitur color grading dalam Final Cut Pro. Boleh menggunakannya untuk mengedit video biasa bahkan HRD (High Dynamic Range).

· Smart Conform

Fitur smart conform dalam software video ini memungkinkan Anda untuk membuat konten media sosial. Video yang diedit akan secara otomatis terpotong sesuai frame yang diperlukan, misanya berupa persegi, horizontal maupun bentuk lainnya.

· Metal Engine

Metal engine adalah fitur yang membantu meningkatkan kualitas setiap tugas. Contohnya saja rendering, efek real-time hingga exporting. Metal engine akan membuat pengguna merasakan performa render sampai 20%.

3. iMovie

iMovie

Apabila Anda pengguna iOS, maka jangan melewatkan software video bernama iMovie. Perangkat lunak besutan Apple ini dapat digunakan pada perangkat dengan sistem operasi iOS.

Anda juga bisa melakukan sinkronisasi pada perangkat Apple. Jadi, bisa menggunakan iMovie pada iPhone, MacOS maupun perangkat buatan Apple lainnya. Coba simak juga beberapa fiturnya di bawah ini.

· User-Friendly Interface

iMovie menawarkan user-friendly interface yang cukup menarik bagi banyak orang. Fitur ini membuat para Youtuber pemula tidak mengalami kesulitan besar ketika mengedit video.

· Kustomisasi

Software video ini juga menyediakan beragam elemen kustomisasi. Ada juga beragam template yang akan membantu membuat konten berkualitas.

· Efek dan Enhancements

Ada pula beragam efek dan video enhancement dari iMovie. Pilih saja dari 10 filter dan 8 tema di dalamnya. Temukan pula musik dan sound effect yang akan membuat hasil editan menjadi lebih memukau.

· Sharing

Setelah selesai mengedit video, Anda dapat langsung membagikannya ke media sosial. Boleh juga membagikannya melalui Airdrop. Jadi tidak membutuhkan alat tambahan untuk membagikan hasil editannya.

· Remote Editing

Melalui fitur remote editing dalam software video Youtube ini, Anda dapat mengedit video di beragam perangkat secara bergantian. Misalnya saja mengedit memakai iPhone atau iPad. Lantas melanjutkan editan menggunakan Mac OS.

Melalui fitur remote editing, mengedit video dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tidak terbatas pada satu perangkat Apple. Manfaatkan saja berbagai perangkat Apple untuk membantu mengedit video.

4. HitFilm Express

HitFilm Express

HitFilm Express ialah software video multitrack gratis yang dapat digunakan pada perangkat Mac maupun Windows. Apakah Anda Youtuber pemula atau profesional, HitFilm Express bisa memenuhi kebutuhan editing video.

Silahkan mengunduhnya secara gratis lalu menggunakannya untuk mengedit konten. Apabila menginginkan add-on khusus, maka bisa membayar untuk HitFilm Express Pro.

Software video ini menyediakan beragam fitur untuk penggunanya. Mulai dari mengimpor, memangkas sampai menggabungkan klip video maupun audio. Anda juga dapat menambahkan transisi, efek, teks dan lainnya.

Ketika menggunakan HitFilm Express, Anda juga akan menemukan beragam fitur dalam panel efek. Misalnya saja gradasi warna, pencahayaan sampai penyesuaian audio.

Setelah selesai mengedit, Anda bisa mengatur output menyesuaikan Instagram, Youtube, Facebook dan lainnya. Jadi boleh menentukan format, resolusi hingga kecepatan bingkai sesuai keperluan.

5. Adobe Premiere Elements

Adobe Premiere Elements

Bukan hanya Adobe Premiere Pro yang bisa diandalkan sebagai software video Youtube. Anda juga bisa menggunakan Adobe Premiere Elements yang juga sama-sama produk besutan Adobe.

Adobe Premiere Elements tergolong lebih sederhana daripada Adobe Premiere Pro. Akan tetapi, hasil editannya tidak kalah keren dari software lainnya.

Fitur yang ditawarkan oleh software video ini juga cukup menarik. Mulai dari slow motion, overlay, timelapse, bounce back, fix action cam footage hingga double exposure.

Apabila ingin menghasilkan video untuk Youtube, tentu tidak cukup hanya berbekal kemampuan merekam gambar. Namun juga kemampuan mengedit menggunakan software video seperti penjelasan dalam artikel ini.

Dapatkan jasa pembuatan software terbaik dan berpengalaman bersama PT BSB. Hubungi kami di laman https://www.ptbsb.id/ atau bisa melalui contact via WA.

Baca juga : Rekomendasi Notebook HP yang Cocok untuk Editing Video

No Comments

Post A Comment

Contact Us