VPN Server: Pentingnya Fungsi dalam Akses Internet yang Aman

VPN Server

VPN Server: Pentingnya Fungsi dalam Akses Internet yang Aman

Pengguna VPN server di Indonesia sekarang memang semakin bertambah jumlahnya. Kesadaran pengguna akan pentingnya privasi ketika berselancar di dunia maya juga meningkat.

Meskipun begitu masih cukup banyak orang belum memahami bagaimana pentingnya privasi dalam berselancar di dunia maya. Sehingga tidak semua orang paham definisi atau fungsi dari VPN sendiri.

Oleh sebab itu disini Kami akan memberikan sedikit edukasi tentang pengetahuan jaringan komunikasi. Sehingga para user dapat meningkatkan pengalaman berselancar di dunia maya dengan optimasi privasi.

Kami akan menjelaskan mulai dari definisi sampai fungsi spesifik sehingga dapat dijadikan sebagai referensi. Sehingga setelah membaca artikel ini Anda bisa langsung mengimplementasikan sendiri saat membuka internet.

Apa itu VPN Server?

VPN Server

Virtual Private Network (VPN) Server merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses internet secara aman dan pribadi melalui jaringan publik.

Masih belum banyak orang tahu apa fungsi dari VPN server? Sehingga akan kami jelaskan dulu sedikit. Pada dasarnya VPN memiliki fungsi umum untuk membuatkan jaringan secara privat sehingga dapat diakses secara bebas.

Dengan adanya jaringan privat tersebut maka pengguna dapat mengakses berbagai informasi secara bebas. Anonimitas menjadi faktor utama mengapa banyak orang menggunakan sistem jaringan seperti ini.

Biasanya di Indonesia VPN digunakan untuk mengakses situs yang terblokir oleh ISP. Mulai dari kebutuhan game sampai platform streaming film dapat kembali diakses meskipun sudah terblokir oleh ISP.

Lalu banyak orang awam juga bertanya apakah PC bisa jadi server? Misalnya untuk kebutuhan pribadi. Tentu saja selama user dapat melakukan konfigurasi sendiri terhadap arsitekturnya semua itu dapat dilakukan.

Pada dasarnya peladen sendiri memang berbentuk seperti komputer dimana dia memiliki RAM, Internal, dan CPU sendiri. Semua itu untuk memberikan akses kepada pengguna sehingga dapat mengakses basis data.

Setelah mengetahui sekilas tentang apa itu VPN server tentu sekarang Anda menjadi lebih tahu. Bahwa arsitektur jaringan seperti ini bisa memberikan banyak keuntungan bagi para pengguna dalam mengakses kebutuhannya.

Untuk penjelasan terkait fungsi lebih spesifik kami sudah menyediakan segmen khusus. Apabila Anda penasaran fungsinya seperti apa langsung saja simak ulasan berikutnya agar mudah memahaminya.

Fungsi VPN Server

VPN : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Tipe, Sistem Keamanan, Kelebihan,  Kekurangan dan Manfaat - Sariksa.com

Sekarang mari kita bahas fungsinya secara spesifik agar Anda bisa tahu sekaligus menerapkannya sesuai kebutuhan. Simak beberapa poin berikut agar tahu fungsinya jika Anda adalah pengguna awam.

1. Meningkatkan keamanan

Tidak cukup memang kita hanya tahu apa itu VPN server jika masih penasaran fungsinya. Salah satu paling penting adalah untuk meningkatkan keamanan sehingga para pengguna bisa bebas mengakses sebuah basis data.

Salah satu alasan mengapa penggunaannya dapat meningkatkan keamanan karena trafik memang dibuat untuk jalur pribadi. Artinya tidak banyak user lain memakai saluran tersebut saat hendak mengakses internet.

Ingat bahwa semakin banyak pengguna dari sebuah jalur akses maka potensi adanya penyadapan juga meningkat. Karena pihak ketiga akan mudah menyelinap dalam sistem sehingga tidak terdeteksi oleh pihak keamanan.

Apabila hal seperti itu sudah terjadi jelas nantinya data milik pengguna mulai dari identitas, password, atau kata kunci dapat diretas. Jadi menggunakan virtual private network akan memberikan banyak keuntungan bagi para klien.

Aspek keamanan juga salah satu alasan mengapa perkantoran selalu menerapkan sistem itu. Pihak korporasi akan dengan mudah memantau sekaligus memanajemen aktivitas dalam jaringannya.

Ketika terjadi indikasi adanya serangan atau hal berbahaya lainnya maka teknisi bisa langsung mengatasinya. Ini juga membuat virtual private network menjadi salah satu kebutuhan primer bagi sebuah kantor.

Apalagi jika Anda memang sadar bahwa corporate espionage sekarang sedang marak. Lindungi data penting korporasi Anda menggunakan teknologi seperti ini sehingga tidak menjadi sasaran empuk para peretas.

2. Akses ke jaringan internal

Dimaksud jaringan internal disini adalah kanal yang memang disediakan oleh teknisi agar dapat diakses oleh pengguna. Biasanya ada kategori superuser yang memiliki kredensial khusus sehingga dapat mengaksesnya.

Secara default tidak semua klien dapat masuk ke jaringan internal yang sifatnya lebih sensitif. Apabila memang Anda adalah superuser maka itu dapat dilakukan guna melakukan pemantauan atau manajemen jaringannya.

Secara general apa itu VPN server juga menjadi salah satu jalur akses private dalam menyeberang ke dunia maya. Karena nantinya akan ada kanal khusus bagi user agar jaringan internalnya tetap aman.

3. Bypass Blokir Situs

Paling umum penggunaan virtual private network di Indonesia adalah untuk mengakses situs. Biasanya ISP memblokir situs favorit seperti tempat membaca komik atau platform nonton film.

Karena para pengguna server masih banyak maka mereka bisa menggunakan virtual private network untuk mengaksesnya. Rata-rata pemblokiran dari internet service provider itu masih berbasis proxy.

Sehingga user dapat kembali mengakses laman yang sebelumnya tidak dapat dibuka seperti biasa. Pemblokiran berbasis proxy ini umum terjadi karena ISP umumnya menggunakan jenis proxy spesifik.

Apabila kita mengaksesnya menggunakan virtual private network maka pengguna dapat kembali mengakses seperti biasa. Sudah banyak plugin virtual private network gratis untuk digunakan para user.

Proses bypass blokir situs ini umumnya juga relatif mudah dilakukan bahkan bagi para pemula. Kita tinggal memilih plugin sesuai browser kemudian memasangnya pada perangkat terkait.

Pada saat akan membuka laman terblokir cukup aktifkan plugin tersebut agar langsung dapat terhubung pada situsnya. Ini adalah metode paling mudah apabila Anda menemukan situs favorit terblokir oleh ISP.

4. Menjaga identitas

Terkadang ada juga orang yang meskipun server sudah berbasis SSL belum percaya dengan keamanannya. Disinilah peran virtual private network akan muncul sebagai opsi mengamankan kredensial.

Misalnya saat kita hendak melakukan transaksi perbankan secara daring penggunaan VPN sangat disarankan. Itu akan memberikan opsi keamanan berlapis meskipun servernya sudah menggunakan sistem SSL.

Penggunaan server berbasis secure socket layer memang sudah menjadi kewajiban bagi pengelola situs transaksional. Ini akan memberikan keamanan kredensial bagi para pengguna ketika memasukkan username atau kata kuncinya.

Dengan adanya SSL pihak peladen tidak akan mengetahui isi dari kredensial pengguna tadi. Tidak ada catatan atau log terkait kredensial sehingga saat database diretas, peretas tidak akan menemukan kredensial apapun.

Konsep seperti itu memang akan berguna terutama jika perusahaan ingin menerapkan keamanan berlapis. Jadi kita dapat menggunakan keduanya secara bersamaan agar kredensial pengguna semakin terjaga.

5.  Menghindari serangan malware

Sebenarnya salah satu cara menghindari serangan malware adalah menggunakan virtual private network. Dengan menggunakan jalur pribadi tersebut kita dapat menghindari potensi serangan malware.

Namun sebagai pengguna Anda harus tetap waspada dengan tidak mengunduh atau mengakses situs mencurigakan. Karena percuma saja menggunakan VPN server namun kita tetap mengunduh file dari laman mencurigakan.

Apabila memang secara terpaksa atau pekerjaan menuntut untuk mengakses laman tersebut pengguna perlu menerapkan keamanan berlapis. Salah satunya adalah memakai sistem virtual box sehingga apapun hasil pengunduhannya tidak mencemari komputer utama.

Jika Anda masih penasaran seperti apa bentuk server secara fisik kami berikan contoh Asus E-Rack. Ini adalah salah satu jenis device yang umum digunakan untuk manajemen jaringan.

Selengkapnya tentang Asus E-Rack bisa Anda lihat sendiri di jktgadget.com tempatnya beli perlengkapan komputer terlengkap. Disitu Anda bisa melihat sendiri harga juga spesifikasi device jika membutuhkannya.

Dengan mengetahui seluruh informasi tentang virtual private network sekarang Anda tentu sadar bagaimana pentingnya. Selalu gunakan VPN server apabila ingin keamanan dan kenyamanan berselancar di dunia maya semakin terjaga.

Apabila Anda membutuhkan layanan IT solution terbaik, langsung saja hubungi ke nomor whatsapp kami untuk menggunakan layanan kami. Temukan layanan server technology terbaik. Hanya di PT BSB.

Pelajari juga pengertian dan fungsi dari proxy server. Klik disini untuk membaca artikel tersebut.

No Comments

Post A Comment

Contact Us