Tips Memilih Mini PC Terbaik untuk Instansi Pemerintahan

mini PC terbaik

Tips Memilih Mini PC Terbaik untuk Instansi Pemerintahan

Sebelum membeli, pastikan Anda mengetahui tips memilih mini PC terbaik. Dalam dunia kerja, selalu terdapat kebutuhan kerja yang melibatkan perangkat seperti laptop, komputer dan sejenisnya. Hal ini karena perangkat tersebut dapat memudahkan pekerjaan manusia.

Itu sebabnya semua perusahaan pasti memiliki perangkat seperti ini. Termasuk kantor – kantor yang merupakan bagian dari instansi pemerintahan. Bahkan selain laptop dan komputer, terkadang instansi pemerintahan juga membutuhkan perangkat lebih kecil seperti mini PC.

Namun sebelum memilih dan membelinya, Anda harus mengetahui tips memilihnya. Jangan sampai salah dalam memilih agar tidak menyesal nantinya. Terutama perangkat mini PC terbaik tidak selalu mudah ditemukan jika Anda tidak mencari tahu terlebih dahulu spesifikasinya.

Di internet, mencari tahu tentang spesifikasi setiap perangkat adalah hal yang sangat mudah. Namun selain melihat spesifikasi, Anda juga harus melihat dari faktor lainnya agar dapat menjadi pertimbangan saat membeli. Tentu saja agar perangkat bisa lebih awet pemakaiannya.

Jika Anda merasa membutuhkan mini PC terbaik, pastikan membelinya hanya dari supplier terbaik dan terpercaya seperti jktgadget.com. Setelah memahami tips dalam memilih merknya, Anda hanya perlu melihat apakah stoknya tersedia di website ini kemudian membelinya.

Supplier terbaik ini menyediakan segala kebutuhan perangkat Anda baik untuk keperluan pribadi, perkantoran biasa, sampai pada instansi pemerintahan. Cara memesannya juga sangat mudah, namun pahami terlebih dahulu beberapa tips berikut sebelum membeli.

Baca juga : Supplier Desktop PC All in One untuk Kantor Perusahaan

 

Tips Memilih Mini PC Terbaik

Terdapat beberapa tips dalam memilih mini PC yang harus Anda ketahui. Jika Anda bekerja di instansi pemerintahan, tentu saja memilih perangkat yang baik dan benar harus dilakukan. Apalagi instansi pemerintahan biasanya memang membentuk anggaran khusus untuk hal ini.

Jangan sampai anggaran yang sudah disiapkan nantinya sia – sia karena Anda salah dalam memilih mini PC terbaik. Dengan memilih yang terbaik tentu ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan, salah satunya adalah lebih hemat biaya dan masa pemakaiannya bisa lebih lama.

Sejak awal pembeliannya sebaiknya langsung membeli dengan kualitas yang sangat baik. Hal ini karena terdapat salah satu kekurangan dari mini PC yang harus dipahami, yaitu komponennya tidak dapat diupgrade karena ukurannya kecil dan tidak muat menampung komponen lain.

Sehingga jika ada yang bertanya apakah intel bisa diupgrade? Sebenarnya bisa jika perangkat tersebut merupakan laptop atau perangkat PC lainnya dengan ukuran besar, namun jika itu mini PC tentu saja tidak bisa diupgrade meskipun Anda sangat membutuhkannya.

Itu sebabnya memahami beberapa tips dalam memilih mini PC yang terbaik sangat penting dilakukan. Inilah beberapa tips yang bisa Anda ikuti saat memilih dan sebelum membelinya mini PCnya.

 

1. Memahami dan menyesuaikan dengan kebutuhan

Pahami kebutuhan Anda terlebih dahulu sebelum memilih dan membelinya. Biasanya untuk instansi pemerintahan, kebutuhan membuat dokumen dan menyimpan file lebih banyak karena terdapat file arsip dari berbagai tahun sebelumnya yang harus tetap diabadikan di perangkat.

Itu sebabnya pastikan memilih spek memori dan ram yang paling tinggi. Jika anggaran yang diberikan tidak cukup untuk membeli spek tinggi dalam jumlah banyak, Anda bisa membeli mini PC terbaik lainnya dengan spek lebih rendah namun masih normal dan sesuai kebutuhan.

Hal ini karena semakin tinggi speknya tentu harganya juga semakin mahal. Namun untuk instansi pemerintahan memang spek tinggi sangat dibutuhkan. Selain dengan memperhatikan kebutuhan penyimpanan dan program, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan listriknya.

Banyak orang bertanya berapa watt mini PC? Wattnya tidak terlalu besar yaitu sekitar 20 watt sampai 30 watt tergantung pada pemakaian dan merknya. Anda bebas menentukan watt lebih kecil atau besar, namun pastikan memilih merk yang memiliki spek bagus agar nyaman dipakai.

 

2. Memilih ram dan memori seimbang

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah keseimbangan ram dan memori. Pasti Anda pernah menemukan ram rendah namun memorinya sangat banyak, kemudian ada juga yang memorinya sedikit namun ramnya banyak. Atau keduanya sama – sama sedikit dan banyak.

Merk mini PC terbaik adalah merk dengan spesifikasi seimbang. Pastikan ram dan memorinya sama – sama banyak atau kapasitas keduanya sama – sama normal. Anda harus memperhatikan hal ini, terutama jika kebutuhan perangkat ini untuk keperluan bekerja di instansi pemerintahan.

Jika tidak seimbang antara kapasitas ram dan memorinya, Anda akan mendapatkan spesifikasi yang kurang nyaman saat dimanfaatkan. Misalnya ram sedikit namun memorinya banyak, tentu bisa menyimpan banyak file dan aplikasi tetapi tidak mudah menjalankan program yang berat.

Sebaliknya jika memori sedikit namun ram banyak. Program dapat dijalankan dengan baik tanpa ada hambatan namun tidak mudah menyimpan banyak file atau aplikasi. Itu sebabnya keseimbangan ram dan memori menjadi salah satu kriteria mini PC terbaik yang ideal.

 

3. Mencari tahu kelebihan dan kekurangan merk

Tips lainnya yang bisa didapatkan adalah mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari masing – masing merk. Meskipun ada perangkat yang dapat disebut sebagai perangkat terbaik, namun pasti tetap ada kekurangannya. Perhatikan baik – baik hal tersebut sebelum membelinya.

Semua merk pasti ada kekurangan dan kelebihannya, namun Anda bisa mencari merk dengan keuntungan yang lebih banyak. Atau carilah kelebihan dari merk mini PC terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan di instansi pemerintahan.

Setelah memahami kelebihannya, Anda bisa langsung memilihnya berdasarkan spek tertentu dan membelinya di supplier terbaik. Namun pastikan Anda juga dapat mengatasi kekurangan yang didapatkan dari merk pilihan tersebut, tujuannya agar mempermudah kerjaan.

Biasanya kekurangan yang sering menjadi masalah adalah processor yang dimiliki oleh mini PC tersebut. Banyak orang bertanya prosesor laptop dan PC apakah sama? Biasanya jenis prosesornya berbeda namun sedikit mirip. Ada prosesor yang memuaskan dan ada yang tidak.

 

4. Banyak mencari tahu rekomendasi merk

Selain mencari kelebihan dan kekurangan dari masing – masing merk, pastikan Anda mencari tahu rekomendasi dari orang – orang. Rekomendasi ini bisa dicari informasinya dengan mudah melalui internet. Anda bisa mencari dengan keyword atau kata kunci rekomendasi mini PC.

Biasanya informasi tentang rekomendasi mini PC terbaik didapatkan dari orang yang suka review berbagai merk perangkat canggih. Selain dari internet, rekomendasi ini juga bisa didapatkan dari youtube. Sehingga Anda tidak perlu kesulitan dalam mencarinya.

Jika ada satu merk yang direkomendasikan oleh banyak orang, Anda bisa mempercayainya dan membelinya. Adanya rekomendasi dari banyak pengguna sebelumnya dapat menandakan bahwa semua pengguna tersebut merasa puas dengan performa dan spek dari merk tersebut.

Kepuasan dari para pengguna sebelumnya dapat menjadi pertimbangan bagi Anda sebelum memutuskan untuk membeli mini PC terbaik. Kepuasan itu sendiri menandakan bahwa merk mini PC yang dipilih sudah memiliki kelebihan – kelebihan terbaik.

 

5. Mencari tahu cara pembuatannya

Cari tahu juga bagaimana cara pembuatannya. Informasi tentang cara pembuatan ini biasanya diberitakan secara terbuka sehingga semua orang dapat mengetahuinya. Jadi mudah untuk menemukan bagaimana pembuatan mini PC tersebut melalui internet.

Terdapat 2 cara pembuatan mini PC yang harus Anda pahami. Cara pembuatan tersebut adalah built in atau rakitan. Cara pembuatan dengan rakitan biasanya dilakukan dengan menyatukan berbagai komponen menjadi satu dengan cara manual atau menggunakan alat canggih lainnya.

Sedangkan cara built in sering disebut dengan cara pembuatan permanen atau teknologi tanam. Cara pembuatannya dilakukan dengan menyusun perangkat sesuai kebutuhan. Anda harus memilih mini PC terbaik berdasarkan cara pembuatan built in.

Cara pembuatan built in ini dinilai lebih kuat dan tahan lama. Selain itu komponen – komponennya bersifat permanen sehingga tidak mudah rusak. Itu sebabnya penting melihat apakah mini PC dibuat dengan cara built in atau tidak.

 

6. Melihat daya tahan baterai

Lihat juga bagaimana daya tahan baterainya untuk menentukan apakah mini PC terbaik atau bukan. Daya tahan baterai sangat penting diperhatikan, terutama jika Anda akan menggunakannya untuk bekerja di instansi pemerintahan.

Biasanya dalam instansi pemerintahan ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Hal ini menyebabkan perangkat harus selalu siap siaga, bahkan bisa jadi selama pekerjaan dari pagi hingga mala perangkatnya tidak akan dimatikan agar tidak repot.

Carilah merk dengan daya tahan baterai sangat kuat dan tahan lama. Dengan membeli merk yang baterainya tahan lama, Anda akan mudah menghemat biaya karena perangkatnya pasti tidak mudah rusak meskipun penggunaannya sangat lama.

 

7. Memahami tipe memori

Pahami juga tipe memori yang tertanam dalam perangkatnya. Baik mini PC atau perangkat canggih lainnya, biasanya terdapat 2 tipe memori yaitu HDD dan SSD. Kedua tipe memori ini berasal dari zaman yang berbeda. HDD merupakan tipe memori yang sudah lama.

Tipe memori terbaru yang lebih cepat dalam menjalankan segala sistem dan program dalam mini PC adalah SSD. SSD tentu memiliki beberapa kelebihan lainnya, jika Anda ingin membeli mini PC terbaik untuk instansi pemerintahan pastikan memilih tipe memori SSD.

HP Desktop Mini PC Prodesk Intel Core i5 Harga Murah

Apalagi di dalam instansi pemerintahan terdapat pekerjaan yang membutuhkan program dengan cara kerja berat. Jika menggunakan HDD tentu cara kerjanya akan lebih berat.

Hal ini akan langsung mempengaruhi kualitas kinerja dari mini PC ke depannya. Biasanya perangkat dengan tipe memori SSD harganya lebih mahal, namun hal ini seharusnya tidak masalah terutama jika digunakan di instansi pemerintahan.

Lebih baik membeli dengan harga tinggi di awal daripada harus banyak service dan ganti perangkat ke depannya. Anda bisa memilih Hp Desktop Mini PC IDS Prodesk 400-G6 [636B0PA] I5-10500T.

Untuk link produknya https://www.jktgadget.com/product/hp-desktop-mini-pc-ids-prodesk-400-g6-636b0pa-i5-10500t-8gb-1tb-w11-home/.

 

8. Melihat kewajaran harga

Tips memilih mini PC terbaik selanjutnya adalah dengan melihat kewajaran harganya. Setiap perangkat pasti memiliki harga berbeda – beda. Harga rendah atau tinggi juga bisa ditentukan dari spesifikasinya. Namun jika spek rendah dan harganya tinggi, Anda harus menghindarinya.

Untuk mengetahui kewajaran harga dengan spek yang diberikan, Anda bisa melihat harga – harga tersebut di supplier terbaik. Selain melakukan tips terbaik dalam memilih mini PC, penting juga memilih supplier terbaik dan terpercaya seperti PT Bersatu Selaras Bersama.

Katalog Produk JKT Gadget

PT Bersatu Selaras Bersama atau sering disebut dengan PTBSB merupakan supplier terbaik yang menyediakan berbagai jenis perangkat terbaik untuk kebutuhan Anda. Jika membutuhkan mini PC terbaik untuk instansi pemerintahan, langsung saja kunjungi website ptbsb.id atau no WA.

 Baca juga : Supplier PC All in One Lenovo untuk Lab Komputer Sekolah

No Comments

Post A Comment

Contact Us