Mengenal Remote Server: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja

remote server

Mengenal Remote Server: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja

Dengan pesatnya perkembangan dunia digital, server kini bisa diakses dari jauh dengan menggunakan teknologi remote server. Artinya, Anda bisa mengakses dan mengontrolnya dari jarak jauh tanpa harus berasa langsung di lokasi tempat servernya diletakkan.

Namun, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan server remote? Lalu, apa saja fungsi serta cara kerjanya? Untuk memahami hal-hal tersebut, pertama-tama Anda harus memahami terlebih dahulu pengertian dasarnya serta apa bedanya dengan sistem pada umumnya.

Hal ini penting untuk diketahui, terutama bagi Anda yang ingin menciptakan suatu website ataupun aplikasi web sendiri. Sebab, teknologi ini menggunakan basis internet dalam operasionalnya, sehingga diperlukan pemahaman lebih lanjut agar Anda tidak bingung.

 

Sekilas Tentang Pengertian Remote Server

Agar lebih mudah mengerti apa sebenarnya maksud dari istilah remote server, Anda bisa menelaah atinya dari kata per kata. Server bisa didefinisikan sebagai bagian dari hardware maupun software komputer yang berfungsi memberi layanan pada perangkat lain yaitu klien.

Adapun remote menurut bahasa artinya adalah jarak jauh. Jika kedua kata tersebut digabungkan, hal tersebut artinya bahwa pengendalian atau fungsi layanan dari komputer Anda operasionalnya dapat dilakukan secara nirkabel dari jarak jauh.

Secara sederhana, definisi singkatnya yaitu remote server adalah sebuah sistem yang menyediakan serangkaian layanan bagi user yang terhubung secara jarak jauh. Baik itu yang terhubung dalam internet maupun terhubung dalam jaringan tertentu.

Karena jaringan ini terkoneksi pada sistem internal organisasi, sehingga penggunanya perlu autentikasi khusus alias izin untuk bisa memperoleh akses terhadap data. Artinya, tidak semua orang bisa mengakses servernya karena dibutuhkan IP, username, dan password login.

 

Baca juga : Perusahaan Penyedia Server Komputer Terpercaya Jakarta

 

Fungsi Remote Server Secara Umum

Setelah mengetahui definisi di atas, lalu apa saja fungsi dari remote server? Pada dasarnya, tentu saja fungsi utamanya adalah untuk melakukan pengendalian dari jarak jauh. Namun hal tersebut juga dapat memberikan berbagai kegunaan lain secara fungsional, yaitu:

1. Memudahkan Pemantauan dan Pengendalian

Keunggulan utama remote server adalah dari segi kemudahan penggunaan dalam memantau maupun mengendalikan. Sebab walaupun user tidak berada dalam satu LAN (Local Area Network) yang sama, servernya masih tetap bisa diakses.

2. Memungkinkan Hosting bagi Banyak Pengguna Sekaligus

Jadi, karena dapat diakses dari jarak jauh, teknologi ini memungkinkan Anda untuk melakukan hosting kepada banyak user sekaligus. Itulah mengapa servernya sendiri harus didukung oleh spesifikasi tinggi agar bisa berjalan tanpa hambatan.

3. Tingkat Keamanan Lebih Tinggi

Sebagaimana disebutkan sekilas pada penjelasan di atas, untuk mengakses remote server dibutuhkan kata sandi, nama pengguna, serta alamat IP. Selain itu, servernya bisa diletakkan di tempat tersembunyi sehingga keamanannya tentu jauh lebih baik.

4. Memudahkan Pemantauan Resource

Dalam dunia hosting, resource merupakan salah satu komponen dalam sistem ini yang perlu dipantau. Namun dengan teknologi remote ini, Anda bisa mengecek dan mengontrolnya secara lebih mudah.

5. Memudahkan Maintenance

Tidak bisa dipungkiri, bahwa setiap server bisa mengalami hal-hal tidak diinginkan seperti crash, bug, atau kesalahan teknis lain. Berkat penggunaan remote server, maintenance terhadap masalah-masalah tertentu bisa dilakukan secara lebih mudah dan cepat.

 

Cara Kerja Server Remote Berdasarkan Prinsipnya

Lalu, bagaimana cara kerja dari remote server? Pada dasarnya, cara kerja server ini sederhana layaknya melakukan panggilan telepon. Sebagai contoh, komputer untuk mengakses bisa dianalogikan sebagai ponsel, sedangkan IP servernya adalah nomor telepon.

Jadi prinsipnya, klien menghubungi servernya untuk meminta izin mengakses secara jarak jauh, lalu klien memberi username serta password agar bisa masuk dan mengakses. Setelah berhasil login, maka secara otomatis klien alias user tersebut bisa melakukan akses penuh.

Pada dasarnya, Anda dapat mengakses maupun menjadikan komputer Anda sebagai remote server. Dengan syarat, Anda harus memiliki spesifikasi komputer yang cukup serta memiliki aplikasi untuk membuat servernya bisa diakses secara jarak jauh.

Jadi, yang mana saja contoh aplikasi remote server? Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan. Sebagai contoh untuk perangkat Windows, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Windows Remote Desktop untuk memodifikasi data komputer klien dengan mudah.

Namun tentu saja, terdapat syarat spesifikasi khusus agar perangkat komputer Anda bisa menggunakan aplikasi satu ini. Di antaranya yaitu memiliki OS Windows 10/11, Windows Server 2019, 2016, atau 2012 R2, RAM 1024MB, hard drive 100 MB, dan lain-lain.

Artinya, Anda membutuhkan komputer dengan spesifikasi mumpuni dan processor cepat. Contohnya seperti HP Desktop Prodesk 400 G7 MT [62G61PA] dengan Intel Core i7, RAM 16GB, harddisk 1TB, dan OS Windows 11 Profesional.

HP PC Desktop Prodesk 400 G7 MT PC Kerja Kuliah Bisnis Sekolah

Contoh lain yang harganya lebih terjangkau namun dengan spesifikasi sudah memenuhi syarat yaitu HP Desktop BU Pro Tower 280 G9 i5-12400 SSD. CPU tersebut sudah dilengkapi processor i5, RAM 8GB, harddisk 512GB, dan OS Windows 11 Profesional.

HP PC Desktop Processor Intel Gen 12 PC Kerja Kuliah Bisnis Sekolah

Selain HP, contoh perangkat dengan merk lain yang bisa dicoba yaitu seperti Dell, Lenovo, dan lainnya. Misalnya untuk Dell, Anda bisa menggunakan Dell PC Desktop Optiplex 7000MT i7-12700 dengan Intel i7, RAM 16GB, harddisk 2TB, serta OS Windows 10 Profesional

DELL PC Desktop Optiplex 7000MT Desktop Bisnis Kerja Design Sekolah Kantoran

Berbagai perangkat pendukung dengan spesifikasi mumpuni bisa dipilih sesuai kebutuhan. Adapun katalog lengkap terkait berbagai perangkat komputer terbaik bisa diakses melalui link jktgadget.com.

Katalog Produk JKT Gadget

 

Langkah-Langkah Membangun Server Remote

Pada dasarnya, langkah-langkah membangun remote server sendiri bisa dilakukan dengan mudah selama sudah memiliki aplikasi serta perangkat dengan spesifikasi mumpuni. Berikut ini beberapa langkah dasarnya:

  1. Tentukan local maupun server remote pada kedua servernya.
  2. Lakukan konfigurasi pada setiap servernya untuk melakukan akses jarak jauh.
  3. Pada server remote, tentukan seperti apa metode pemetaaan untuk melakukan login.
  4. Tentukan pilihan remote yang diinginkan untuk melakukan pengecekan password.

Ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan. Selain Windows Remote Desktop, juga ada Team Viewer, Unified Remote Desktop, Remote Utilities, Remote PC, atau Any Desk. Cukup pilih aplikasi sesuai dengan kebutuhan serta spesifikasi komputer Anda.

Opsi lain membangun server secara lebih mudah adalah dengan menggunakan jasa khusus di bidang solusi IT. Salah satunya melalui ptbsb.id, perusahaan IT solution untuk hardware maupun software yang menangani berbagai bidang teknologi.

Mulai dari solusi di bidang server, storage atau penyimpanan, teknologi jaringan, teknologi database, data center, security alias keamanan, aplikasi dan pengembangan mobile, dan lain-lain. Ada pula desktop, workstation, laptop VDI, printer, antivirus, OS, UPS, dan banyak lagi.

Kami juga menyediakan berbagai macam produk elektronik dengan beragam spesifikasi mulai dari notebook, PC desktop, CCTV, proyektor, dan lain-lain. Jika membutuhkan teknologi server, kami juga menyediakan layanan yang bisa Anda pesan dengan mudah.

Keunggulan membangun server remote bersama PT BSB yaitu dapat mengoptimalkan kerja sama antar perangkat, lebih efisien dari segi waktu maupun biaya, serta memastikan keamanan data. Tingkat kredibilitas dan ketersediaan servernya juga lebih tinggi.

Kami berkomitmen membantu customer untuk memilih servernya sesuai kebutuhan terbaik dengan sistem berperforma tinggi. Untuk berkonsultasi terkait remote server maupun teknolgi lainnya, Anda bisa menghubungi link website ptbsb.id atau no WA dibawah ini.

Baca juga: Berikut Pengertian Remote Server dan Fungsinya

No Comments

Post A Comment

Contact Us