Apa Sih Kelebihan dan Kekurangan PC All in One?

kelebihan dan kekurangan pc all in one

Apa Sih Kelebihan dan Kekurangan PC All in One?

Berbagai kelebihan dan kekurangan PC All in One membuatnya banyak dipilih oleh pengguna elektronik dibanding komputer rakitan konvensional. Salah satu alasannya yaitu karena jenis PC satu ini dianggap lebih praktis sebab terlihat seperti tidak memakai komponen CPU.

Jika demikian, lalu artinya apakah ada PC tanpa CPU? Tentu tidak, sebab hingga saat ini tidak ada komputer yang tidak menggunakan CPU, termasuk tipe All in One. Maksud dari terlihat tidak ada CPU adalah karena komponen tersebut sudah menyatu bersama monitornya.

Itulah mengapa desain dari tipe perangkat satu ini jauh lebih simpel dan praktis, sebab tidak terdapat komponen tower atau CPU terpisah. Melainkan, semuanya menyatu dalam satu komponen monitor layaknya sebuah laptop, namun dengan performa sekompleks komputer.

Hal tersebut merupakan salah satu contoh dari kelebihan dan kekurangan PC All in One dibandingkan komputer rakitan biasa. Namun sebelum memahami lebih lanjut apa saja keunggulan maupun kekurangannya, sebaiknya pahami dulu apa itu pengertian PC AIO.

 

Sekilas Tentang Apa Itu PC All in One (AIO)

Jadi, apa yang dimaksud All in One PC? Sebagaimana penjelasan singkat di atas, pada dasarnya PC All in One atau biasa disingkat AIO merupakan istilah bagi seperangkat komputer yang komponen monitor serta CPU towernya menyatu menjadi satu komponen sekaligus.

Jenis produk elektronik satu ini sekarang menjadi salah satu tren di kalangan pengguna, sebab dinilai lebih ringkas dalam hal penggunaan. Sebab seluruh komponen utamanya menjadi satu dengan casing monitor komputernya, sehingga terlihat lebih kecil, praktis, juga portabel.

Selain itu, bentuknya sendiri cenderung terlihat lebih flat, tidak lagi tampak cembung seperti komputer biasa. Sehingga bentuk ini membuatnya terlihat lebih modern. Bahkan, banyak versi keluaran terbaru yang kini layarnya semakin tipis dan spesifikasinya semakin tinggi pula.

 

Baca juga : Supplier Desktop PC All in One untuk Kantor Perusahaan

 

Apa Sih Kelebihan dan Kekurangan PC All in One Dibanding Komputer Rakitan?

Berdasarkan penjelasan di atas, lalu intinya apakah PC All in One pakai CPU? Ya, semua komputer tentu memiliki CPU. Bedanya, perangkat AIO ini telah didesain untuk menyatukan CPUnya bersama monitor. Hal tersebut ikut berpengaruh pada kelebihan dan kekurangannya.

Pertama, untuk kelebihan dari perangkat elektronik satu ini. Karena bentuk serta desainnya telah dibuat menyatu secara simpel seperti layaknya laptop, PC AIO memiliki keunggulan sebagai berikut:

  1. Lebih hemat ruang dan nampak rapi karena desainnya lebih kompak serta praktis.
  2. Lebih menarik secara estetika, terlihat modern serta mewah, sehingga tidak perlu modifikasi berlebihan.
  3. Portable, sebab mudah dipindahkan karena bentuknya ringkas dan ringan.
  4. Monitor lebih besar dibanding laptop, namun sama-sama fleksibel sekaligus kompatibel seperti laptop.
  5. Lebih cocok untuk setting dual monitor secara lebih rapi sebab telah memiliki port HDMI.

Kelebihan dan kekurangan PC All in One memang banyak dipengaruhi oleh bentuk desainnya yang menyatu. Sebab hal tersebut membuat beberapa penggunaan menjadi terbatas, termasuk dalam hal kebebasan melakukan modifikasi

Tahukah Anda, apakah VGA card PC All in One bisa diganti? Ternyata, Anda tidak bisa mengganti maupun mengubah beberapa komponen bawaannya sebab sudah menyatu menjadi satu. Nah secara rinci, berikut ini beberapa kekurangan lainnya:

  1. Sulit melakukan upgrade atau mengganti komponen tertentu dengan mudah. RAM serta hard drive bisa diganti oleh teknisi profesional, namun komponen lain seperti processor dan VGA card tidak bisa sebab telah menyatu dengan monitor.
  2. Harga cenderung lebih mahal sebab desainnya memang lebih fleksibel, ringkas, serta modern dengan fitur canggih. Bahkan, ada yang dilengkapi fitur touchscreen sehingga harganya lebih mahal.
  3. Beberapa ada yang cenderung cepat panas, sebab casingnya telah diperkecil sedemikian rupa. Namun karena PC ini lebih hemat energi, panas berlebih akibat penggunaan yang menghabiskan banyak daya bisa sedikit dikurangi.

Rekomendasi PC All in One Terbaik yang Banyak Digunakan

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan PC All in One, saatnya mengetahui apa saja rekomendasi komputer AIO terbaik yang banyak dipilih pengguna. Pada dasarnya, ada berbagai merk yang tersedia, mulai dari Dell, Lenovo, ASUS, HP, dan lain-lain. Anda bisa cek daftar tersebut di katalog kami jktgadget.com.

Masing-masing tentu memiliki keunggulan juga kelemahan masing-masing dari segi spesifikasi tergantung pada model atau tipenya. Berikut ini beberapa di antaranya yang bisa dijadikan sebagai referensi:

1. DELL DESKTOP AIO OPTIPLEX 5480 I5-10500T 8GB 1TB UMA W10 PRO TOUCH (Rp16.499.000)

Kelebihan dan kekurangan PC All in One ini dari segi spesifikasi yaitu memiliki prosesor Intel Core i5 dengan RAM 8GB, harddisk 1TB, display layar 23,8 inci, serta pop up web kamera. Salah satu keunggulan utamanya yaitu sudah dilengkapi oleh fitur touch screen.

2. LENOVO DESKTOP AIO 3-8HID I5-1240P 8GB 512GB NVIDIA MX550 DOS (Rp12.999.000)

Lenovo PC Desktop All In One 3 Ryzen Intel Jakarta Murah Free Ongkir

Kelebihan dan kekurangan PC All in One ini dari segi spesifikasi yaitu memiliki prosesor Intel Core i5 dengan RAM 8GB, harddisk 512GB, display layar 23,8 inci, serta pop up web kamera. Sudah included keyboard dan mouse, dan OS-nya menggunakan MS DOS.

3. ASUS DESKTOP AIO V222GAK-WA141W INTEL J4025 4GB 1TB HDD W11 HOME (Rp5.999.000)

ASUS PC Desktop AIO V222 Intel Procesor Untuk Kerja Sekolah Murah

Kelebihan dan kekurangan PC All in One ini dari spesifikasi yaitu memiliki prosesor Intel Celeron, RAM 4GB, harddisk 1TB, display layar 21,5 inci, serta kamera. Sudah dilengkapi dengan Windows 11 Home dan cocok untuk penggunaan harian yang ringan.

Katalog Produk JKT Gadget

Ketiga contoh di atas masing-masing memiliki keunggulan yang spesifik dari segi fiturnya. Ada yang fiturnya lengkap dan menarik namun lebih mahal, ada pula yang fiturnya tidak banyak namun dari segi harga jauh lebih murah dan terjangkau.

Yang penting, cukup sesuaikan kelebihan dan kekurangan PC All in One pilihan Anda dengan kebutuhan pekerjaan harian. Jika pekerjaan Anda membutuhkan perangkat berspesifikasi tinggi, maka pilihlah komputer sesuai kebutuhan spesifikasi tersebut.

Sebaliknya, jika Anda hanya membutuhkan komputer untuk kebutuhan sederhana seperti mengolah data, mengetik, atau kebutuhan multimedia ringan, maka perangkat berspesifikasi ringan sudah cukup. Intinya, pilihlah PC sesuai kebutuhan Anda.

Sebagai referensi tambahan, Anda juga bisa melihat berbagai pilihan PC AIO lainnya dengan deskripsi dan spesifikasi yang tidak kalah menarik pada katalog kami.

Distributor PC All in One Terbaik dan Terlengkap

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan PC All in One serta rekomendasi pilihan komputer terbaik, saatnya mengetahui distributor sebagai tempat membeli. Jika membutuhkan berbagai perangkat elektronik, Anda bisa mengunjungi ptbsb.id.

Kami merupakan pilihan distributor online sekaligus offline store terbaik dengan berbagai macam pilihan perangkat elektronik, termasuk PC AIO dalam beragam merk. Anda juga bisa menemukan pilihan perangkat lain seperti laptop maupun komponen komputer rakitan.

Rentang harganya beragam sesuai budget, cukup pilih produk dari katalog yang tersedia untuk mempermudah pemilihan. Bahkan, terdapat pula rincian deskripsi, spesifikasi, serta foto produknya.

Sebagai tambahan, terdapat kolom review atau ulasan dari produk terkait untuk Anda simak. Jika tertarik dengan segala kelebihan dan kekurangan PC All in One di atas, cukup hubungi link website ptbsb.id atau no WA dibawah ini untuk memesan komputer AIO sesuai pilihan Anda.

Baca juga : Kenalan Yuk Sama Distributor Dell PC All in One Terlengkap

 

No Comments

Post A Comment

Contact Us